DPD RI Terima 40 Pemuda ASEAN Youth Camp 2018
Oleh : Irawan
Jum\'at | 04-05-2018 | 17:28 WIB
terima_pemuda_asean.jpg
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang bersama 40 pemuda ASEAN Youth Camp 2018

BATAMTODAY.COM, Jakarta - DPD RI menerima kunjungan 40 pemuda lintas negara yang tergabung dalam ASEAN Youth Camp 2018 bersama dengan Institute of Democracy and Ecucation (IDE) Indonesia.

Kunjungan 40 pemuda ASEAN itu diterima langsung Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) didampingi Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba di Ruang GBHN Kompleks Parlemen, Jakarta Jumat (4/5/2018).

Dalam sesi diskusi, Parlindungan Purba menjelaskan mengenai lembaga DPD RI. Menurutnya DPD RI merupakan lembaga hasil perjuangan reformasi yang bekerja demi kepentingan daerah.

Setiap provinsi di Indonesia diwakili oleh 4 Anggota DPD RI yang disebut dengan Senator. Tugas para senator adalah menjaring aspirasi masyarakat di daerah untuk diperjuangkan di pusat demi tujuan pembangunan daerah.

Parlindungan Purba menambahkan bahwa DPD RI mempunyai peranan penting dalam persatuan dan kesatuan di Indonesia. DPD RI dapat mewakili aspirasi yang merepresentasikan suara dari masyarakat daerah.

Selain itu, DPD RI juga merupakan jembatan antara pemerintah pusat dengan daerah, terutama terkait pembangunan dan menyejahterakan masyarakat di daerah.

"Keberadaan DPD dapat meminimalisir konflik di daerah. Sejak DPD hadir, tidak ada konflik besar yang terjadi di daerah. DPD RI merupakan representasi daerah, dan itu adalah salah satu fungsi dari DPD," ucapnya.

Parlindungan Purba juga berpesan kepada peserta ASEAN Youth Camp 2018, untuk mencapai tujuan, seseorang harus bekerja keras dan kompetensi. Semakin ketatnya persaingan, maka seseorang diharuskan memiliki karakter sebagai pekerja keras.

"Untuk dapat berhasil kita harus menerapkan 3K. Kemauan untuk berusaha meraih tujuan. Kemampuan yang merupakan keahlian kita dalam mengerjakan sesuatu, dan Kesempatan yang berupa peluang yang dapat kita ambil," imbuhnya.

Setelah melakukan diskusi di Ruang GBHN, seluruh peserta melakukan sesi foto bersama dengan Ketua DPD RI Oesman Sapta dan Parlindungan Purba di depan Nusantara V.

Editor: Surya