Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Tanjungpinang Launching E-Warung 26 April Mendatang
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 21-04-2018 | 18:29 WIB
kadinsos-tpi.jpg Honda-Batam
Agustiawarman, Kadinsos Tanjungpinang (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Sosial Kota Tanjungpinang merencanakan launching program warung elektronik (E-Warung) yang merupakan program nasional dari Kementerian Sosial.

Dengan dilaunchingnya program tersebut, sudah dipastikan bahwa masyarakat yang tergolong warga tidak mampu tidak akan lagi mendapatkan beras pra sejahtera (Rastra) atau juga akrab dengan nama Raskin.

Kepala Dinsos Tanjungpinang, Agustiawarman, mengatakan, jika tidak ada perubahan jadwal, maka tanggal 26 akan dilaunching program tersebut. Setelah dilaunching dan kartu bantuan pangan non tunai (BPNT) dibagikan, maka masyarakat dapat langsung berbelanja di 12 E-Warung yang telah disediakan di masing-masing kelurahan.

"Kalau tidak ada perubahan tanggal 26, nah nanti keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapat kartu seperti AYAM. Kartu inilah nantinya menjadi alat bayar, di mana di dalamnya ada saldo sebesar Rp110 ribu bantuan dari pemerintah," kata Agustiawarman, Sabtu (21/4/2018).

Terkait E-Warung ini, setiap masyarakat di masing-masing kelurahan telah mendapatkan sosialisasi. Baik itu tentang model bantuannya karena ini bantuan baru, hingga cara memanfaatkan bantuan ini.

"Jadi nanti di E-Warung ini menjual beraneka ragam sembako. Nah warga tinggal pilih barang yang diinginkan dan tinggal bayar menggunakan kartu itu," kata Agus.

Jumlah KPM yang mendapatkan bantuan ini sebanyak 8450 KK di Kota Tanjungpinang. Dan Bank yang dipercaya untuk menyalurkan bantuan serta kartu adalah Bank BNI. Agus mengatakan, itu merupakan data dari BDT tahun 2015 yang telah diperbarui.

"Data itu juga dari Kemensos, jadi kita tinggal matchingkan saja dengan data kita," tutur Agus.

Editor: Udin