Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Bangun Lumbung Pangan di Tambelan Mengantisipasi Musim Angin Utara
Oleh : Harjo
Jum\'at | 20-04-2018 | 15:52 WIB
apri-memasak1.jpg Honda-Batam
Apri Sujadi saat acara lomba memasak ibu PKK Kecamatan Tambelan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tambelan - Pemkab Bintan membuat lumbungan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kecamatan Tambelan. Hal itu untuk mengantisipasi masuknya musim angin utara, yang biasanya membuat terkendalanya masalah trasportasi laut.

"Beberapa bulan sebelum masuk musim angin utara, kita mengarahkan para pedagang Tambelan untuk menyetok berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Mengingat saat musim angin utara, kondisi pelayaran atau transportasi laut banyak mengalami hambatan," ujar Khairul, kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Bintan, kepada BATAMTODAY.COM di Tambelan, Jumat (20/4/2018).

Dijelaskan Khairul, terkait pembuatan lumbung pangan tersebut memang murni dilakukan oleh pihak pedagang. Pihak pemerintah yang melakukan kontrol masalah harga, serta ketersediaan kebutuhan makanan pokok.

Ditanya sebagian kebutuhan pokok masyarakat di Tambelan dipasok dari wilayah pulau Kalimantan. Khairul tidak menampiknya, namun menurutnya hal tersebut sampai sejauh ini adalah alternatif para pedagang disaat musim angin utara tiba.

Dari sisi lain, untuk meningkatkan keutuhan dan peningkatan gizi warga, Pemkab Bintan juga menggalakkan, rumah pangan lestari yaitu dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran dan sejenisnya. Hal tersbeut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi, dengan memanfaatkan botol bekas atau sejenisnya sebagai media untuk menanan sayuran di pekarangan rumah.

" Kalau saat ini, memang pekarangan rumah warga belum dimanfaatkan secara maksimal. Namun, ke depan diharapkan agar lebih bisa dimaksimal, karena hal tersebut selain untuk meningkatkan ekonomi juga meningkatkan gizi keluarga," harapnya.

Editor: Yudha