Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 6 Tips Merebus Telur Agar Matang dengan Sempurna
Oleh : Redaksi
Sabtu | 31-03-2018 | 10:52 WIB
telur-rebus.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Paskah belum terasa lengkap tanpa hidangan telur rebus. Bukan sembarang telur rebus, telur Paskah biasanya diberi cat warna-warni agar terlihat lebih menarik dan cantik.

Seiring waktu, semakin banyak ide dan kreativitas baru yang memperkaya dekorasi-dekorasi telur Paskah. Dari dilukis dengan warna-warna pastel yang ceria hingga didekorasi dengan cat keemasan dan manik-manik, ide dekorasi telur Paskah hari ini tidak terbatas.

Namun, sebelum didekorasi, telur Paskah harus dimasak terlebih dahulu.

Ada cara tertentu untuk merebus telur agar terasa sempurna. Telur yang direbus sempurna akan memiliki putih telur yang lembut namun tidak terasa seperti karet, serta tidak memiliki garis hijau keabu-abuan di permukaan putih telur.

Koki Hilton Harrisburg John Reis menyebut, kesalahan terbesar orang-orang dalam memasak telur adalah merebusnya terlalu lama.

Dilansir dari Los Angeles Times dan Pennlive, berkut adalah langkah-langkah merebus telur yang sempurna:

1. Masukkan telur ke dalam panci. Jika ingin memasak banyak telur bersamaan, pastikan jangan ada telur yang ditumpuk di atas telur lainnya di dalam panci. Susun telur tersebut secara bersebelahan.

2. Tuang air ke dalam panci hingga telur terendam sekitar 2,5 sentimeter di bawah permukaan air.

3. Nyalakan api dengan tingkat panas yang paling tinggi, kemudian tunggu hingga air mendidih. Proses ini kira-kira memakan waktu satu menit.

4. Setelah air mendidih, langsung matikan kompor. Tutup panci dan diamkan telur selama 12 hingga 15 menit. Jika ingin kuning telur yang berwarna lebih jingga dan keemasan, diamkan selama 12 menit. Jika ingin kuning telur yang lebih berwarna kuning terang, diamkan selama 15 menit.

5. Tuang air dingin di atas telur. Jika ingin cangkang telur lebih mudah dikupas, tambahkan garam ke dalam air. Trik lain untuk membuat cangkang lebih mudah dikupas adalah dengan meniriskan air yang ada di dalam panci dan goyang-goyangkan panci agar telur membentur besi panci. Setelah itu, baru tuangkan air dingin ke dalam panci.

6. Telur siap dihias untuk Paskah. Jika ingin mengetes telur sudah masak atau belum, Reis merekomendasikan untuk memutar telur di atas meja.

"Jika Anda memutar telur di atas meja dan telur tersebut tetap berdiri, artinya sudah masak," kata Reis.

Sumber: CNNIndonesia.com
Editor: Gokli