Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muhammad Taufik Resmi Jabat Wakajati Kepri
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 22-03-2018 | 16:02 WIB
pelantikan-wakajati1.jpg Honda-Batam
Acara serah terima jabatan Wakajati Kepri. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Muhammad Taufik resmi menjabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kepri usai serah terima jabatan di Aula Kantor Kejati Kepri, Kamis (22/3/2018).

Selain itu juga dilakukan pelantikan empat pejabat eselon IV di Lingkungan Kejati Kepri yakni Suwandi sebagai Asisten Pembinaan Kejati Kepti, Sukamto Koordinator Kejati Kepti, Kajari Karimun Parningotan Bakarra dan Kajari Bintan Sigit Prabowo.

Kajati Kepri, Asri Agung Putra mengatakan kelima pejabat tersebut memiliki peran penting dan strategis dalam mencapai sebuah visi dan misi Kejati Kepri. Terkhusus jabatan Wakajati yang merupakan rekaman dirinya dalam mengnakhodai Kejati serta Kejari yang ada di Kepri.

Asri menjelaskan, pergantian pejabat di lingkungan kejaksaan adalah hal yang biasa. Tujuannya, yakni untuk menjaga dinamika dalam mencapai sebuah program kerja yang tercantum dalam visi misi. Selain itu, jabatan juga amanah baik kepada manusia juga dengan Tuhan Yang Maha Esa.

"Kewenangan bisa dilakukan oleh bawahnya, tapi tanggungjawab tidak bisa didelegasikan, karena itu adalah amanah," ujarnya.

Menurutnya jaksa harus melakukan tugasnya secara profesional dan proporsional, sehingga dapat memenuhi penegakan hukum yang didambakan masyarakat.

"Kita harus lebih eksis dalam melakukan tugas di tengah masyarakat. Agar kinerja kita diketahui dan dinilai langsung oleh masyarakat," katanya.

Asri menyebutkan tugas dan tanggungjawab jawab besar saat ini dibebankan oleh Kajari Bintan yang baru. Karena membangun sistem dalam bertugas tidaklah ringan. Sebab, sejak resmi dilantik, maka Kajari Bintan segera mempersiapkan operasi kantor, sumber daya manusia serta sarana dan prasarana lainnya.

"Koordinasi dengan Kajari Tanjungpinang, ciptakan sinergitas dengan stakeholder dan masyarakat di Bintan. Kalau SK strukturalnya sudah ada, tinggal dilantik saja," tuturnya.

Ditempat yang sama, Kajari Bintan, Sigit Prabowo mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pembenahan ruko yang untuk dijadikan kantor Kejari Bintan sementara. Namun, dalam perencanaannya, kantor Kejari Tanjungpinang akan berada di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bintan. Selanjutnya, ia juga masih menunggu pelantikan pejabat struktural di Kejari Bintan.

"Saya hari ini sudah mulai bekerja, tapi kita masih memperkenalkan dulu dan menunggu kantor kita siap dahulu," ujar Sigit.

Editor: Yudha