Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bentrok di Seialeng Sagulung, Polisi Minta Keterangan Warga dan Pihak Proyek
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 19-03-2018 | 16:26 WIB
bentrok-developer1.jpg Honda-Batam
Situasi di lokasi proyek Ruli Seialeng Sagulung memanas, warga dan pihak proyek sempat bentrok. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polisi membawa warga dan pihak proyek perumahan PT Anugerah Sentosa Abadis ke Mapolresta Barelang untuk dimintai keterangan. Hal itu untuk mengantisipasi bentrok susulan di Kampung Seialeng RT02/ RW15 Kelurahan Sungai Binti, Kecamatan Sagulung.

"Mereka kita bawa dulu ke Polresta untuk dimintai keterangan," ujar Hendrianto, Kapolsek Sagulung di lokasi kejadian, Senin (19/3/2018).

Informasi yang diperoleh di lapangan, bentrok terjadi berawal dari pihak proyek yang mencoba menimbun kolam yang menjadi sumber air di lokasi tempat tinggal mereka. Beberapa warga mencoba menghalangi kolam yang akan ditutup tersebut.

Namun aksi warga tersebut tidak di hiraukan pihak proyek warga pun nyaris tertimbun tanah. Situasi itu membuat warga lainnya menjadi marah dan emosi. Sejumlah warga langsung menyerang pihak proyek dan mengancam akan membakar alat berat tersebut.

Situasi menjadi tidak kondusif, aksi kejar-kejaran dan adu fisik pun terjadi. Ibu-ibu mencoba membantu warga dengan dengan memlempari pekerja dengan batu dan tanah. Aksi warga tersebut mendapatkan perlawanan dari pihak proyek. Pihak proyek yang tidak terima mengumpulkan massa dari para pekerja dilokasi membuat situasi semakin panas.

Keributan itu terjadi tidak berlangsung lama sebab anggota Polsek Sagulung dan pihak Kecamatan langsung turun ke lokasi untuk menenangkan kedua belah pihak. Pihak proyek diminta untuk mundur sebab warga semakin ramai berdagangan ke lokasi proyek tersebut.

Editor: Yudha