Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDIP Tetapkan Utut dan Basarah sebagai Pimpinan DPR dan MPR
Oleh : Irawan
Senin | 19-03-2018 | 14:02 WIB
basara-utut.jpg Honda-Batam
Ahmad Basarah dan Utut Adianto

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri akhirnya menetapkan nama kader potensialnya, yakni Ahmad Basarah sebagai wakil ketua MPR RI dan Utut Adianto sebagai wakil ketua DPR RI.

Hal ini disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam pesan singkat yang diterima awak media, Senin (19/3/2018), menyampaikan surat keputusan DPP PDIP yang diterima Pimpinan DPR, soal penetapan kedua kadernya tersebut.

Surat keputusan terkait dengan penetapan kedua kader PDI Perjuangan tersebut dikirimkan hari ini, Senin 19 Maret 2018, oleh Hasto Kristiyanto Sekjend DPP PDI Perjuangan.

Melanjutkan penjelasannya, Bamsoet sapaan politisi dari Partai Golkar itu mengatakan, dengan adanya representasi PDI Perjuangan baik di MPR maupun DPR RI, maka hal tersebut mencerminkan kesesuaian aspirasi antara suara rakyat yang memberi kepercayaan pada PDIP sebagai pemenang Pemilu tahun 2014, dengan representasi susunan dan komposisi pimpinan kedua lembaga negara tersebut.

"Bagi PDI Perjuangan, adanya representasi Partai Pengusung utama Pemerintahan Presiden Jokowi tersebut, akan meningkatkan konsolidasi politik," jelasnya.

Apalagi, tambah Bamsoet, PDIP menempatkan posisi wakil ketua MPR dan Wakil Ketua DPR RI tersebut sebagai momentum strategis untuk memerkuat konsolidasi politik pemerintahan Presiden Jokowi.

"Kedua wakil pimpinan dari PDI Perjuangan tersebut bertugas memberikan dukungan yang lebih efektif bagi program2 pemerintahan Jokowi," kata dia lagi.

Dengan tampilnya Ahmad Basarah dan Utut Adiyanto, Bamsoet melihat hal itu menunjukkan proses kaderisasi kepemimpinan partai tersebut berjalan semakin baik dan sistemik.

"Pak Basarah dan Pak Utut telah digembleng sebagai kader partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara," katanya.

Keduanya, lanjut bekas Ketua Komisi III DPR RI itu, tidak hanya menampilkan kepemimpinan yang berkarakter, namun juga memiliki disertai kecakapan manajerial yang handal.

"Keduanya berdedikasi untuk memerbaiki peningkatan kinerja kedua lembaga negara tersebut," ucap Bamsoet lagi

Editor: Surya