Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Google Maps Luncurkan Fitur Rute Pengguna Kursi Roda
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 16-03-2018 | 14:02 WIB
google-maps1.jpg Honda-Batam
ilustrasi google maps.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Layanan peta digital Google Maps meluncurkan fitur baru bertajuk 'Wheelchair Accessible'. Sesuai namanya, fitur tersebut bertujuan mempermudah pencarian rute dan navigasi bagi para pengguna kursi roda.

Wheelchair Accessible diluncurkan secara bertahap. Untuk sementara, hanya pengguna di beberapa kota metropolitan yang sudah kebagian akses, semisal New York, Tokyo, London, Mexico City, Sydney, dan Boston.

Google berjanji bakal memboyong fitur ini untuk semua pengguna di semua kota dan negara dalam beberapa bulan ke depan. Lantas, bagaimana cara memakainya? Pertama, tulis destinasi Anda di Google Maps seperti biasanya.

Tekan 'Directions' dan pilih ikon bus yang mewakili transportasi publik. Baca juga: Membandingkan Google Maps dengan Waze, Mana Lebih Baik? Klik tulisan 'Option', lalu gulir antarmuka aplikasi hingga ke bawah. Anda akan melihat opsi 'Wheelchair Accessible' pada pilihan 'Routes'.

Selain memilih rute dengan kursi roda, pengguna juga bisa mencentang rute terbaik (Best Route), rute dengan transit paling sedikit (Fewer Transfers), dan rute untuk jalan kaki tak terlalu banyak (Less Walking), sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (16/3/2018), dari Ubergizmo.

Fitur Wheelchair Accessible menunjukkan komitmen Google Maps membantu para pengguna kursi roda. Sebelumnya, pada 2017 lalu, Google Maps memungkinkan pengguna saling berbagi informasi detail soal akses bagi pengguna kursi roda di berbagai tempat.

Sumber: Kompas.com
Editor: Yudha