Sebanyak 2.544 Siswa SMP/MTs Kabupaten Bintan Ikuti UN Tahun 2018
Oleh : Harjo
Rabu | 14-03-2018 | 13:26 WIB
pelajar-bintan1.jpg honda-batam
Bupati Bintan Apri Sujadi bersalaman dengan sejumlah pelajar SMP beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 2.544 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Bintan akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada tanggal 23 - 26 April 2018 mendatang.

Bupati Bintan H Apri Sujadi meminta kepada seluruh siswa/i sekolah SMP/MTs sederajat hendaknya mempersiapkan diri untuk mengikuti UN.

"Sayamenargetkan agar pada tahun ini Kabupaten Bintan mampu mencapai angka kelulusan 100 persen," ujar Apri, Rabu (14/3/2018).

Apri menuturkan, pada tahun 2017 lalu, pelajar SMP Kabupaten Bintan mampu meraih peringkat III dari kelulusan rata-rata nilai se Provinsi Kepri. Tahun 2018 ini diharapkan siswa meningkatkan prestasi dengan mempersiapkan materi, mental dan juga fisik.

"Istirahatlah yang cukup, tinggalkan dulu gadget-nya, takutnya asik main hape aja, sampai lupa belajar pula," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir, S.Si, M.Si mengatakan bahwa jumlah peserta UN tahun ini untuk jenjang SMP/MTs mencapai 2.544. Terdiri dari 2.312 siswa SMP dan 232 siswa MTs.

"Adapun untuk sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2018 ini sebanyak 10 sekolah, sedangkan sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) sebanyak 31 sekolah.

"Tahun 2017 lalu pelaksanaan UNBK hanya 5 sekolah dan itu pun masih numpang. Tahun ini ada 10 sekolah, dimana 5 sekolah diantaranya mampu melaksanakan sendiri," ujarnya lagi.

Dijelaskan, 10 sekolah pelaksana UNBK terdiri dari 5 sekolah UNBK Mandiri yaitu SMP Negeri 1 Bintan , SMP Negeri 2 Bintan, SMP Negeri 11 Bintan , SMP Negeri 12 Bintan dan Mts Negeri Bintan. Sedangkan 5 sekolah lainnya yang melaksanakan UNBK dan masih menumpang dilokasi SMA dan SMK, yaitu SMPN 3 Bintan dengan lokasi ujian di SMKN 1 Bintan Timur, SMPN 4 Bintan dengan lokasi ujian di MAN Bintan, SMPN 6 Bintan dengan lokasi ujian di SMAN 1 Teluk Bintan, SMPN 13 dengan lokasi ujian di SMKN 1 Bintan Utara dan SMPN 20 Bintan lokasi ujian di SMKN 1 Gunung Kijang.

"Tahun lalu kita berada di peringkat ke 3 kelulusan se Provinsi Kepri dengan nilai rata-rata 51,60 dan kita harapkan tahun ini prestasi serupa bisa lebih meningkat. Kita juga terus berkeinginan untuk melengkapi sarana prasarana seperti komputer dan internet bagi pelaksanaan UNBK disetiap tahunnya. Fokus Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan saat ini adalah bagaimana meningkatkan pendalaman materi, try out, hingga meningkatkan kepercayaan diri siswa sebelum menghadapi ujian," tutupnya.

Editor: Yudha