Usai Dimodiv, Toyota Rush Mulai 'Jajal' Pasar SUV
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-03-2018 | 19:02 WIB
toyota-rush1.jpg honda-batam
Toyota Rush (Toyota via www.toyota.astra.co.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Toyota Rush generasi kedua mulai menggoda konsumen Tanah Air. Setelah muncul model barunya akhir tahun lalu, Rush menyelinap mengungguli para kompetitornya, Honda BR-V dan HR-V.

Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari 2018, Rush generasi terbaru telah terdistribusi sebanyak 3.416 unit, atau naik drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.739 unit.

Ditambah dengan jumlah pada Februari 2018 sebanyak 3.575 unit, penjualan wholesales Rush kini mencapai 6.991 unit atau naik dua kali lipat sebesar 113 persen.

Sedangkan kompetitornya, HR-V dan BR-V tercatat penurunan suplai. Untuk HR-V pada Januari 2017 berhasil terdistribusi sebanyak 4.285 unit, dan turun menjadi 2.645 unit di periode sama tahun ini. Sementara BR-V dari 2.528 unit pada Januari 2017 menjadi 185 unit di Januari 2018.

"Kami berharap, respon positif ini dapat memperbesar pasar medium SUV dan sekaligus memperkuat industri otomotif nasional karena penggunaan komponen lokal mobil ini semakin besar," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, Sabtu (10/3).

Ia mengatakan tingginya minta konsumen pada medium SUV itu membuat alokasi produksi lebih banyak untuk Rush baru dibandingkan produk lain seperti Avanza di pabrik Daihatsu Sunter dan Karawang, Jawa Barat.

Secara terpisah, hal yang sama juga diungkapkan Manager Humas TAM Rouli Sijabat. Ia menjelaskan mengecilnya volume penjualan wholesales Avanza lantaran pabrikan asal Jepang itu tengah fokus memenuhi banyaknya permintaan model baru Rush.

Hingga Februari 2018, surat pemesanan kendaraan (SPK) Rush sudah mencapai 17 ribu unit.

"Hal ini juga dampak kami sedang fokus memenuhi permintaan yang tinggi di Rush. Ini lebih ke arah menambah pasokan Rush untuk konsumen agar tidak menunggu terlalu lama," jelas Rouli.

Toyota sendiri mengenalkan all-new Rush sekitar akhir tahun lalu. Mobil itu sudah dipoles ulang terutama bagian luarnya yang kini sudah tidak mengenakan 'konde' seperti model sebelumnya. Toyota membuka harga Rush terbaru dengan Rp239,9 juta untuk tipe terendah. Sementara varian tertingginya dibanderol Rp264,6 juta.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin