Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Alasan Saringan Udara Sepeda Motor Harus Diganti Secara Berkala
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-02-2018 | 15:38 WIB
saringan-hawa1.jpg Honda-Batam
Saringan hawa sepeda motor. (Foto: Otorider)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saringan udara motor atau lazim disebut air filter berfungsi sebagai penahan debu dan kotoran dari luar agar tidak masuk ke ruang bakar sepeda motor sehingga bahan bakar minyak dan udara tercampur sempurna.

Komponen yang dirancang untuk sekali pakai ini berfungsi membersihkan udara yang masuk sebelum akhirnya udara terhisap ke ruang pembakaran bersamaan dengan pengolahan bahan bakar di dalam ruang mesin.

Pada motor matik misalnya, sisa pembakaran dari ruang mesin akan dialirkan ke ruang silinder (CECS ) untuk mengubah zat racun karbon monoksida (CO) menjadi karbon dioksida (CO2), serta Hydro Carbon (HC) menjadi air (H2O) yang lebih ramah lingkungan untuk kemudian dilepaskan melalui knalpot.

Proses penyaringan udara kotor sebelum masuk ke ruang akan membuat percampuran udara dan bahan bakar minyak lebih sempurna. Hasil percampuran bensin yang disemprotkan injektor yang optimal membuat performa motor tetap terjaga.

Namun bila saringan udara dibiarkan kotor, efek jangka pendeknya bisa dirasakan pada tarikan sepeda motor yang tak bertenaga. Apabila udara yang masuk tadi bercampur dengan zat-zat padat dari luar, seperti debu, pasir, dan kotoran, maka akan berakibat fatal bagi kerja mesin motor. Dampak akan terasa pada kerja piston, ring, busi, dan dinding silinder akan menjadi aus/baret.

Mengingat pentingnya peran komponen ini, sudah semestinya kondisi saringan udara diperhatikan para pemilik motor secara berkala. Banyaknya kotoran yang menempel di permukaan yang berdampak pada saringan menjadi kusam dan banyak endapan merupakan ciri bahwa saringan udara motor sudah tidak berfungsi dengan baik.

Bila endapan kotoran sudah terlampau banyak, saringan udara tidak dapat dibersihkan dengan pencucian maupun peniupan. Pasalnya, endapan akan berada di dalam serat filter dan menutupi seluruh pori-pori yang membuat saringan tidak bisa dilalui udara/mampet.

Antisipasi agar sepeda motor tidak mengalami mogok hingga turun mesin adalah dengan melakukan penggantian saringan udara secara berkala dengan menggunakan saringan udara dari Yamaha Genuine Part.

Penggunaan saringan udara dari Yamaha Genuine Parts akan menjaga performa motor tetap maksimal dan menunjang kenyamanan Anda selama berkendara di jalan.

Sumber: Beritagar.Id
Editor: Yudha