Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orang Dewasa Hingga Orang Tua Juga Perlu Mengonsumsi Susu
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 23-02-2018 | 16:38 WIB
susu1.jpg Honda-Batam
ilustrasi minum susu.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jika saat ini kita masih sering berpikir susu hanya untuk anak kecil, ternyata stigma itu keliru.

Tak hanya anak-anak kecil saja yang perlu mengonsumsi susu, namun orang dewasa juga harus mengonsumsi susu untuk kebutuhan nutrisi mereka.

Mengutip dari laman Klik Positif, kalsium di dalam susu merupakan zat yang paling penting untuk kesehatan tulang.

Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa. Susu berperan penting untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis. Kalsium juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegahnya berlubang.

Dilansir dari WebMD sebuah penelitian di Spanyol pada lebih dari 5.000 orang dewasa, pada mereka yang dilaporkan mengkonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu.

Susu dapat menjadi camilan sehat dengan menambahkan potongan manfaat buah-buahan ke dalam segelas susu untuk makan malam. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.

Untuk perempjuan, susu baik dikonsumsi saat masa-masa PMS untuk meningkatkan energi. Menurut sebuah studi dari University of Massachusetts di Amherst, perempuan yang lebih banyak mendapatkan kalsium dan vitamin D sepanjang bulan dengan minum susu skim atau susu rendah lemak memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan PMS.

Sumber: Kompas.com
Editor: Yudha