PKP

Wisatawan Lokal dan Asing Berburu Pernak-Pernik Imlek di Tanjungpinang
Oleh : Habibi Khasim
Rabu | 14-02-2018 | 11:50 WIB
imlek88.jpg honda-batam
Wisatawan asal Malaysia dan Singapura berburu pernak-pernik Imlek di Kota Tanjungpinang. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - H-2 jelang tahun baru Imlek, Jalan Merdeka Kota Tanjungpinang dipenuhi warga Tionghoa yang ingin berbelanja pernak-pernik Imlek.

Tak hanya masyarakat lokal Tanjungpinang yang menyerbu pertokoan untuk membeli pernak-pernik Imlek. Wisatawan luar negeri dari Malaysia dan Singapur juga membludak ke Tanjungpinang, salah satunya mencari pernak-pernik Imlek.

Salah satu pemilik toko di kawasan Jalan Merdeka Tanjungpinang, Jakhui mengatakan, jelang Imlek memang aksesoris untuk mempercantik rumah sering laris manis. Dalam kepercayaan orang Tionghoa, pernak-pernik Imlek bukan hanya untuk mempercantik rumah, melainkan memiliki arti yang mendalam bagi mereka.

"Pernak-pernik ini juga dipercaya akan membawa rezeki. Mempercantik rumah, membawa rezeki di tahun baru, ini luar biasa artinya," kata Jakhui saat ditemui di tokonya yang bernama Bintang Mas, Rabu (14/2/2018).

Pernak-pernik Imlek yang laris manis adalah gantungan nanas merah yang memang merupakan simbol pembawa rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Kemudian ada juga lampion, stiker bermacam gambar serta barang antik.

"Stiker pintu ini punya filosofi sendiri. Gambarnya juga tidak sembarang, paling banyak memang gambar barongsai," kata Jakhui.

Salah satu wisatawan asing dari Singapur, Martin mengatakan, senang berkunjung ke Tanjungpinang. Apalagi saat Imlek, karena dia juga memiliki saudara di Kota Gurindam, itu.

"Saya sangat senang, pernak-pernik Imlek disini juga harganya murah, saya senang kemari," ujar Martin yang telah ditranslate, saat ditemui, Rabu (14/2/2018).

Untuk diketahui, Imlek tahun ini merupakan penyambutan Tahun Anjing Tanah.

Editor: Gokli