PKP

Targetkan Juara Umum di MTQ X Tingkat Kecamatan Karimun, Desa Tulang Terjunkan 14 Peserta
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 13-02-2018 | 19:39 WIB
kafilah-desa-tulang.jpg honda-batam
Kafilah Desa Tulang saat memasuki lokasi perlombaan di lapangan samping Kantor Kelurahan Sei Lakam Timur. Tahun ini menargetkan juara umum pada MTQ X tingkat Kecamatan Karimun tersebut (Foto: Khoiruddin Nasution)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X tingkat Kecamatan Karimun yang diselenggarakan, Selasa (13/2/2018) malam, di lapangan samping Kantor Kelurahan Sei Lakam Timur, berlangsung meriah. Acara itu sendiri akan ditutup pada, Jum'at (16/2/2018) mendatang.

Pantauan BATAMTODAY.COM, selain Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, jajaran pejabat Pemkab Karimun juga turut mendampingi. Sejumlah elemen masyarakat termasuk unsur Muspida, Muspika dan tokoh masyarakat Kabupaten Karimun juga tampak hadir.

Diawali dengan pawai kafilah dari masing-masing kelurahan dan desa di Kecamatan Karimun, acara pembukaan MTQ tersebut menyuguhkan berbagai rangkaian acara yang disebut warga pengunjung menghibur karena kemeriahannya.

Tari persembahan pada acara pembukaan MTQ X tingkat Kecamatan Karimun yang diselenggarakan, Selasa (13/2/2018) malam, di lapangan samping Kantor Kelurahan Sei Lakam Timur (Foto: ist)

Acara MTQ X tingkat Kecamatan Karimun ini diikuti enam kelurahan dan tiga desa. Dalam acara itu juga akan digelar perlombaan Pawai Taaruf, Tilawatil Quran serta diramaikan dengan Bazar.

MTQ X tingkat Kecamatan Karimun itu sendiri dilaksakan setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Ungar dari tanggal 09-12 Februari 2018 di lapangan Beram Kelurahan Alai dan Kecamatan Moro dari tanggal 11-14 Februari 2018 di lapangan Kantor Camat Moro Lama.

Kafilah Desa Parit saat memasuki lokasi perlombaan di lapangan samping Kantor Kelurahan Sei Lakam Timur (Foto: Khoiruddin Nasution)

Bahkan setelah Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral Barat akan menggelar MTQ X ini dari tanggal 15-18 Februari 2018 di lapangan samping Kantor Desa Pangke Barat. Selanjutnya, Kecamatan Belat dari tanggal 19-22 Februari 2018 di lapangan bola Desa Sei Asam. Kemudian, Kecamatan Kundur dari tanggal 20-23 Februari 2018 di Balai Pemuda dan Budaya Tanjung Batu.

Urutan berikutnya Kecamatan Kundur Barat dari tanggal 21-24 Februari 2018 di lapangan Kantor Camat Kundur Barat. Lalu Kecamatan Meral dari tanggal 23-26 Februari 2018 di lapangan olahraga SMPN 3 Meral Kelurahan Baran Barat. Selanjutnya Kecamatan Durai dari tanggal 25-28 Februari 2018 di lapangan pembangunan Masjid Kampung Tengah Desa Telaga Tujuh.

Kafilah Desa Selat Mendaun saat memasuki lokasi perlombaan di lapangan samping Kantor Kelurahan Sei Lakam Timur (Foto: Khoiruddin Nasution)

Urutan kesepuluh, Kecamatan Kundur Utara dari tanggal 27 Februari-2 Maret 2018 di Tugu Nenas Kelurahan Tanjung Berlian Kota Kundur Utara. Kesebelas, Kecamatan Buru dari tanggal 1-4 Maret 2018 di lapangan sebelah Kantor Camat Kandis. Dan terakhir di Kecamatan Tebing dari tanggal 2-5 Maret 2018 di Pantai Pongkar Desa Pongkar.

Ketua Kafilah Desa Tulang, Harun, kepada BATAMTODAY.COM di sela kegiatan mengatakan, tahun ini desanya optimis meraih juara umum pada MTQ X di Kecamatan Karimun ini. Sebab pada tahun lalu, Desa Tulang menempati posisi kedua setelah Kelurahan Sei Lakam Barat yang juga mengalahkan juara umum bertahan di tahun sebelumnya yang diraih Kelurahan Tanjung Balai Kota yang saat itu turun peringkat menempati urutan ketiga.

"Pada MTQ X Kecamatan Karimun ini kami menurunkan 14 peserta dari 6 cabang yang diperlombakan," katanya.

PDP dan PDTI Kecamatan Karimun bersama Camat Karimun, Arfan di acara MTQ X tingkat Kecamatan Karimun (Foto: Khoiruddin Nasution)

Adapun ke-6 cabang yang diperlombakan tersebut katanya lagi, Cabang Tartil Golongan anak putra dan putri, Cabang Tilawah Anak-Anak golongan putra dan putri, Cabang Tilawah Remaja golongan putra dan putri, Cabang Tilawah Dewasa golongan putra dan putri dan Cabang Fahmil Quran (beregu) serta terakhir Cabang Syarhil Quran (beregu).

"Insya Allah dari pengalaman tahun sebelumnya, kami mencoba yang terbaik pada tahun ini. Kami pun berharap doa dan dukungan warga Desa Tulang agar kafilah desa kita mampu membawa harum nama Desa Tulang. Bukan saja di tingkat Kecamatan Karimun, terlebih di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional," harapnya.

Editor: Udin