Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panbil Group Kembangkan Kota Baru di Karimun Berkonsep Melayu
Oleh : Wandy
Jum\'at | 19-01-2018 | 11:02 WIB
johanes.jpg Honda-Batam
Bos Panbil Group, Johane Kennedy. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Panbil Group, salah satu perusahaan yang berkesempatan mengembangkan kota baru di Kawasan Coastal Area, Kabupaten Karimun telah mempresentasikan masterplan ke unsur pimpinan di kabupaten tersebut.

Konsep pengembangan kota baru yang bakal diwujudkan itu, seperti disampaikan Bos Panbil Group, Johane Kennedy, mengusung konsep Melayu denga muatan lokal. Di mana, konsep itu diyakini bakal mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Karimun.

Tak tanggung-tanggung, kata Johanes Kennedy, untuk mendesain kota baru itu, pihaknya mendatangkan senior Icom Konsultan asal Amerika Serikat.

"Sebelum rancangan ini rampung, kita meminta masukkan kepada Bupati Karimun serta Kepala Dinas, sebab pada Maret 2018, kita sudah mulai melakukan groundbreaking. Pemkab menginginkan mulai dari arsitek, tambahan bangunan serta muatan lokal yang ada di sana," kata Johanes, Jumat (19/1/2018).

Johanes mengatakan, adapun bangunan tambahan dalam konsep kota baru tersebut, seperti masjid di tengah laut serta memunculkan ikon-ikon baru.

"Dengan memunculkan ikon baru dalam konsep bangunan, maka akan memunculkan wajah baru di Karimun. Kita juga menginginkan untuk dapat menggali serta memperkuat muatan lokal agar menyatu dengan lingkungan," jelasnya.

"Yang nantinya akan ditonjolkan tidak menghilangkan arsitektur Melayu-nya, makanan lokal dapat disajikan, lalu yang paling terpenting untuk para nelayan hasil tangkapannya bisa langsung dijual ke restoran yang memilki konsep kedaerahan itu," tambah Johanes.

Tujuan dengan adanya kota baru tersebut agar nantinya para wisatawan yang datang benar-benar menikmati Karimun dengan muatan lokal. Tentu, hal itu akan sangat berbeda dengan sejumlah tempat lain.

Editor: Gokli