PKP

Proses Perencanaan Lelang

Dishub Batam Segera Bangun Pelabuhan di Galang
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 13-01-2018 | 13:26 WIB
Kadishub-Yusfa1.jpg honda-batam
Kepala Dinas Perhubungan Batam, Yusfa Hendri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perhubungan (Dishub) Batam berencana membangun Pelabuhan di Pulau Air Saga Kecamatan Galang. Saat ini proses masih perencanaan lelang.

Pembangunan Pelabuhan itu kata Kepala Dinas Perhubungan Batam, Yusfa Hendri memakan anggaran sebanyak Rp 3,423 miliar untuk pelabuhan, pagar serta atap.

"Detailed engineering design (DED) sudah dibuat di tahun anggaran 2017 lalu. Sekarang proses lelang sedang disiapkan, rencana pelaksanaannya pada Mei atau Juni mendatang," ujar Yusfa Sabtu (13/1/2018).

Yusfa mengatakan saat ini Pelabuhan di Pulau Air Saga Kecamatan Galang masih berbahan kayu. Nantinya pembangunan Pelabuhan baru tetap dilakukan di lokasi yang lama.

"Pelabuhannya ini kita bangun baru, lokasinya bisa di titik yang ada. Tapi tetap kita bangun baru, bukan peningkatan," ujarnya.

Pembangunan pelabuhan itu kata Yusfa menggunakan dana alokasi khusus (DAK) afirmasi bidang transportasi sebesar Rp 3,973 miliar. Nantinya sisa anggaran sebesar Rp550 juta akan digunakan membuat speed boat.

Pembuatan speed boot rencana menggunakan berbahan fiber dengan kapasitas 20 orang penumpang. Serta menggunakan mesin tempel berkafasitas 40 PK

"Sisa anggaran akan digunakan membuat 5 speed boat. Nanti speed boat diserahkan ke kelompok masyarakat. Jadi tidak pemerintah yang kelola, karena harus membutuhkan biaya oprasional," pungkasnya.

Editor: Yudha