Pelayaran dari Batam Menuju Karimun Alami Keterlambatan Akibat Cuaca Buruk
Oleh : CR-17
Jum\'at | 12-01-2018 | 16:02 WIB
Pelabuhan-Domestik-Sekupang4.gif honda-batam
Pelabuhan Domestik Sekupang. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Curah hujan yang deras dan angin kencang membuat jadwal pelayaran dari Pelabuhan Domestik Sekupang menuju Tanjungbalai Karimun mengalami keterlambatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Trino Palapa saat dihubungi, Jumat (12/1/2018).

"Cuaca ekstrem yang terjadi sejak pagi tadi, hanya merubah jadwal keberangkatan kapal yang terpaksa berangkat dan tiba lebih lama. Hal ini berdampak langsung kepada para penumpang tujuan Tanjung Balai Karimun," ujarnya.

Keterlambatan yang dimaksud, dikarenakan para nahkoda kapal terpaksa mencari jalur yang aman dari terjangan ombak yang diperkirakan mencapai 2 meter lebih.

"Para nahkoda itu, terpaksa lewar jalur yang lebih jauh karena menuju Karimun itu harus melewati Selat Malaka. Jadwal ketibaan kapal dari Karimun juga terlambat hingga 1 jam, karena kapal harus lewat dari jalur pinggir yang dinilai lebih aman," lanjutnya.

Walau begitu tingginya ombak, dan kencang nya angin tidak membuat adanya pelayaran menuju Karimun yang terpaksa dibatalkan.

"Nah, yang menuni Karimun itu semuanya normal. Yang terpaksa dibatalkan hanyalah pelayaran menuju Moro, Kabupaten Karimun. Karena pelayaran kesana menggunakan kapal speedboat," ungkapnya.

Sementara itu, Trino juga menjelaskan bahwa beberapa pelayaran Internasional dari Tanjung Balai Karimun menuju Malaysia dan Singapura terpaksa dibatalkan karena cuaca saat ini, bahkan kapal yang sebelumnya telah berangkat harus berputat balik menuju pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Editor: Yudha