Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terima 78 Pasien DBD

Penderita DBD di RSUD Embung Fatimah Menurun Drastis Sepanjang Tahun 2017
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 14-12-2017 | 13:26 WIB
RSUD-Embung-Fatimah112.gif Honda-Batam
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM.COM, Batam - Kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD) semakin membaik di kota Batam. Penderita DBD terus menurun sepanjang tahun ini.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji mencatat hanya 78 pasien DBD yang berobat di sana sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut menurun drastis dari tahun sebelumnya yang mana pada semester awal telah menerima 259 pasien DBD.

"Bulan Desember ini hanya tiga orang yang masuk, itupun hanya satu orang yang rawat inap dan sekarang sudah sembuh," ujar Humas RSUD Embung Fatimah Batam Ellin Sumarni, Kamis (14/12/2017).

Dari total 78 pasien DBD tersebut yang meninggal dunia empat orang anak. Sementara tahun sebelumnya jumlah penderita DBD yang meninggal sekitar tujuh orang. "Memang menurun drastis. Padahal lagi musim hujan kita sekarang. Biasanya musim-musim seperti ini banyak pasien DBD tapi sekarang malah tak ada," ujar Ellin.

Menurunnya penderita DBD ini menunjukan kesadaran masyarakat Batam untuk menjaga kebersihan lingkungan mulai baik, khususnya untuk melawan dan memberantas penyakit DBD itu.

"Apalagi sekarang adanya jumantik di masing-masing perumahan yang rutin memantau jentik-jentik nyamuk. Memang ada perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat sudah benar-benar sadar untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya," ujar Ellin.

Ellin mengimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menutup rapat tempat genangan air, untuk menghindari berkembangnya pertumbuhan nyamuk penyebab demam berdarah.

"Kalau tak memperhatikan genangan air di rumah tentu akan sangat rawan. Bisa membludak pasien DBD. Tapi alhamdulilah sekarang sudah baik," tutur Ellin.

Editor: Yudha