Perketat Penjagaan, Lapas Barelang Gunakan Mesin X-Ray
Oleh : Yosri Nofriadi
Jum\'at | 08-12-2017 | 13:26 WIB
Mesin-X-Ray1.gif
Barang bawaan pengunjung Lapas Barelang sedang diperiksa petugas menggunakan mesin x-ray. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Barelang, Batam telah dilengkapi dengan mesin x-ray untuk pemeriksaan pengunjung.

Mesin itu untuk mendeteksi dan meminimalkan barang bawaan terlarang yang dibawa masuk oleh pengunjung Lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Barelang Surianto mengatakan, seluruh barang bawaan pengujung secara intensif akan diperiksa melalui mesin x-ray dan pengunjungnya juga akan digeledah secara intensif di ruang pemeriksaan kunjungan.

"Selama ini kita tidak memiliki alat x-ray pemeriksaan pengunjung hanya manual melalui pintu metal detektor. Adanya mesin ini kami berharap bisa membantu kinerja kita," ujar Surianto, Jumat (8/12/2017).

Dia juga mengatakan akan berusaha menjadikan tetap nyaman dan tertib. Surianto optimis dengan personil yang terbatas dengan ditunjang peralatan yang modern dapat mengantisipasi penyundupan barang terlarang di Lapas Kelas IIA Barelang.

"Memang ini yang kami inginkan para pengunjung tetap merasa nyaman dan tertib. Kami berupaya, bagaimana dengan personil yang terbatas disini dapat mengantisipasinya," ujarnya.

Kepala Satuan Pengaman Lapas Ian Patmos mengatakan, penambahan mesin x-ray itu bukan berarti pengamanan di Lapas selama ini tidak ketat. Pengamanan untuk memeriksa pembesuk dan barang bawaan sudah cukup baik sebab melalui beberapa tahap pemeriksaan seperti pemeriksaan manual, pemeriksaan badan dan barang bawaaan melalui pintu metal detektor.

"Alat ini untuk lebih melengkapi lagi. Pengawasan dan pemeriksaan secara manual akan tetap dilakukan," ujar Ian.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI