Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Tak Kunjung Ajukan Calon Pengganti Agus Wibowo

AMPK Desak DPRD Segera Gelar Pilwagub Kepri
Oleh : CHarles Sitompul
Selasa | 28-11-2017 | 08:26 WIB
AMPK-desak-DPRD-Kepri.jpg Honda-Batam
Aliansi Masyarakat Peduli Kepri (AMPK) mendesak DPRD Kepri segera menggelar pemilihan Wakil Gubernur (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Aliansi Masyarakat Peduli Kepri (AMPK) mendatangi kantor DPRD Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Senin (27/11/2017). Mereka mendesak DPRD Kepri segera menggelar pemilihan wakil gubernur.

Koordinator AMPK, Raja Mansur Rajak, mengatakan proses Pilwagub harus dilanjutkan agar ada kepastian hukum jalannya pemerintahan di Provinsi Kepri.

"Secara politik, kami berharap DPRD segera menindaklanjuti tahapan ini supaya masyarakat tidak simpang siur dan pemerintahan ini lebih kondusif," kata Mansur saat diterima Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak.

Julianta Mitra, koordinator AMPK lainnya, mengatakan, melihat kondisi politik saat ini cenderung buntu, AMPK sebagai bagian dari masyarakat Kepri memberi dukungan penuh kepada DPRD untuk segera mengambil tindakan, dan melaksanakan pemilihan wakil gubernur.

"Kami memberikan dukungan dan tambahan semangat kepada ketua DPRD agar apapun caranya, wagub dapat segera diputuskan," kata Julianta.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan AMPK. Jumaga juga menceritakan kronologis pengisian wagub hingga posisi terakhir saat Gubernur tidak membalas surat ketiga DPRD.

"Hingga saat ini, surat kami belum dibalas oleh Gubernur dan pimpinan partai. Kami menganggap partai tidak menggunakan haknya dan kami meng-close (menutup) proses ini," kata Jumaga.

DPRD, kata Jumaga, dalam beberapa hari ke depan akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk memutuskan paripurna lanjutan.

Ia pun berharap proses ini dapat berjalan lancar, sehingga akhir tahun ini proses pemilihan sudah dapat dilaksanakan.

Ketua Panlih Wagub Kepri, Hotman Hutapea, yang juga hadir dalam pertemuan dengan AMPK mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan kepada DPRD dan Panlih.

Ia juga mengklaim seluruh tahapan yang ada saat ini sudah berdasarkan ketentuan yang ada. "Kami sudah menyiapkan seluruh dokumen jika ada gugatan," tegas Hotman.

Editor: udin