Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelompok Pembudidaya Ikan di Bintan Dapat Bantuan Bibit dari KKP
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 23-11-2017 | 08:38 WIB
KKP-beri-bantuan.jpg Honda-Batam
Saat pemberian bibit ikan kepada kelompok nelayan di bintan oleh KKP (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kelompok pembudaya ikan di Kabupaten Bintan mendapat bantuan bibit ikan 'bawal bintang' dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bantuan tersebut diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pembudidaya dalam mengembangkan usahanya menuju kemandirian.

Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut Batam, Toha Tusihadi, menyampaikan, pemerintah pusat selalu memberikan perhatian khusus untuk masyarakat Kepri. Terutama kelompok pembudidaya ikan, agar usaha budidaya ini dapat terus berkelanjutan.

"Bantuan berupa sarana dan prasarana ini, diberikan untuk menunjang kemandirian nelayan budidaya. Jika satu kelompok berhasil, maka kelompok lain akan berusaha menandinginya," kata Toha saat memberikan bantuan di Desa Penaga Tanah Merah, Kecamatan Teluk Bintan, Rabu (22/11/2017).

Berdasarkan catatan BPPL Batam, hasil panen kelompok pembudidaya ikan di Batam dan Bintan, selama kurun waktu 2017 ini, sudah ada 38,5 ton.

Nanti, tahun 2018, Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat akan kembali mengalokasikan bantuan bibit ikan sebanyak 1.250 juta ekor. Di mana, Kepri sendiri, bakal kebagian 500 ribu ekor. Aceh, 500 ribu ekor dan selebihnya untuk kelompok budidaya ikan di Riau.

"Ini merupakan program prioritas, yang diperuntukkan bagi nelayan Bintan. Khususnya nelayan pembudidaya ikan," beber Toha.

Kali ini bantuan bibit ikan yang diberikan adalah ikan bawal bintang. Di mana, harga jualnya punya prosfek yang cukup tinggi.

"Harga per kilogram mencapai Rp80 ribu hingga Rp100 ribu. Tentu ini adalah peluang untuk peningkatan kesejahteraan nelayan pembudidaya ikan," timpal Toha.

Editor: Udin