Ini Resep Bikin Sendiri Chicken Nugget Tanpa Harus Beli
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-11-2017 | 16:26 WIB
Chicken-nugget1.gif
Chicken nugget rumahan. (Foto: Sajian Sedap)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Chicken nugget merupakan makanan favorit anak-anak. Agar lebih sehat sebaiknya buat sendiri di rumah.

Pertama-tama, kenali dahulu bahan bakunya. Bahan dasar nugget pada umumnya terbuat dari daging, tepung, dan telur. Apabila ingin membuat nugget untuk anak-anak yang sedikit empuk, perbanyaklah telur dan kurangi tepungnya.

Pada umumnya, nugget terbuat dari ayam saja atau dikombinasikan dengan bahan lain seperti seafood. Sebenarnya, kita bisa membuat kombinasi chicken nugget dengan bahan apa saja. Dengan sayuran dan jamur pun bisa.

Yang jelas, jika memadukannya dengan daging sapi, pastikan kita lebih banyak menggunakan ayamnya karena daging sapi memiliki rasa yang agak sepah, alias tawar. Adonan daging yang sudah dicampur dengan berbagai bahan nantinya dikukus di dalam loyang.

Tebal adonan daging di dalam loyang tidak perlu terlalu tebal. 1-1,5 cm sudah cukup, sesuai dengan tebal chicken nugget yang biasa dijual di pasaran.

Sebagai catatan, jangan terlalu banyak menggunakan kulit ayam di adonan nugget karena akan membuat nugget keriput saat suhunya sudah menurun. Pasalnya, kulit chicken nugget mengandung banyak minyak sehingga akan menyusut saat nugget yang sudah dikukus didinginkan.

Setelah dingin, nugget bisa langsung dipotong-potong dan dipanir. Supaya lapisannya renyah, celup dahulu nugget ke dalam larutan tepung atau putih telur. Setelah itu, gulingkan nugget di lapisan tepung roti.

Untuk menggoreng nugget, gunakan minyak dengan panas sedang. Selama digoreng, nugget harus diaduk-aduk. Cukup goreng nugget sebentar saja karena sebenarnya nugget sudah matang.

Untuk disetok, cukup panir nugget, tempatkan dalam wadah kedap udara, kemudian masukkan dalam freezer. Jika akan dimasak, pindahkan dahulu ke kulkas bagian bawah. Keesokannya, nugget bisa langsung dimasak.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI