Pemprov Kepri Akan Promosikan Peluang Investasi Kepada Diplomatik Regional Asean
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 13-11-2017 | 15:26 WIB
Gubernur-Nurdin-new14.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah provinsi Kepri menyatakan, siap menyambut tamu pejabat Diplomatik Regional Asean yang akan melakukan pertemuan Regional Diplomatik Meeting (RDM) yang digelar di kawasan wisata Lagoi Kabupaten Bintan.

Gubernur Nurdin Basirun dalam rapat persiapan mengatakan, pertemuan Regional Diplomatic Meeting (RDM) negara Asean yang akan dilaksanakan di provinsi Kepri ini, akan menjadi salah satu ajang promosi peluang investasu dan ekonomi parewisata provinsi Kepulauan Riau kepada sekuruh perwakilan diplomatik yang hadir.

"Iven ini, nantinya akan menjadi sarana dalam mempromosikan segala potensi dan peluang investasi dan pariwista Provinsi Kepri kepada para diplomatik," kata Nurdin saat memimpin rapat persiapan akhir RDM di Kantor Gubernur Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (13/11/2017).

Direncanakan, sebanyak 9 Duta Besar atau perwakilan negara sahabat akan hadir pada iven ini. Mereka antara lain dari Amerika Sarikat, Arab Saudi, Ajerbaijan, India, Singapura, Vietnam, Denmark dan Fiji.

Dengan peluang investasi, Ekonomi serta pesona keindahan pariwisata dan atraksi seni budaya yang dimiliki provinsi Kepri, Diharapkan akan menjadi daya tarik bagi onvestor dan masyarakat para Deplomat untuk berkunjung dan menanamkan Investasinya di Kepri.

Dalam menyukseskan pertemuan para Diplomat itu, Nurdin menambahkan, keamanan dan kondusipitas daerah menjadi modal penting dalam pelaksanaan semua iven Nasional tersebut.

"Oleh sebab itu, diharapkan peran seluruh elemen masyarakat Kepri, untuk ikut serta menyukseskan kegiatan Nasional ini,"ujar Nurdin.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga memaparkan sejumlah agenda yang akan digelar menjalang akhir tahun ini di Kepri, diantaranya kehadiran Wakil Presiden HM Jusuf Kalla di Daik, Lingga pada 19 November nanti sempena Tamadun Melayu di kabupaten Daek Lingga. Pada Desember 2017 Presiden Joko Widodo juga direncanakan akan hadir di Batam sempena Rapimnas Kadin se-Indonesia.

Kepada masyarakat, Nurdin mengajak untuk menyambut para tamu dengan kekhasan dan keramah-tamahan Kepri. "Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan kesan-kesan yang baik kepada tamu yang hadir," kata Nurdin.

Dalam rapat tersebut, sejumlah pihak baik yang terlibat dalam iven ini, menyatakan kesiapannya.Nurdin berharap momen ini juga dijadikan kesempatan untuk semakin memperkenalkan pariwisata Kepri, terutama Batam, Bintan dan Tanjungpinang ke tamu mancanegara dan nusantara.

"Kita persembahkan yang terbaik termasuk wisata, perdagangan dan industri kita. Saya juga berharap agar Kesatuan Laut dan Pantai melakukan penyelidikan terhadap pencemaran laut yang menjadi momok terbesar kita pada akhir tahun," kata Nurdin.

Sementara itu, sekdaprov H TS Arif Fadillah yang memandu rapat tersebut memberikan gambaran umum persiapan acara RDM. Dia memaparkan iven ini siap digelar. Beberapa pertemuan penting akan digelar sempena iven ini. Ada pertemuan tripartit yang diselenggarakan di Hotel Nirwana Lagoi pada 9 November 2017, kemarin Arif sudah meninjau beberapa lokasi kegiatan dan sudah 95 persen siap menyambut perhelatan RDM 2017.

Berbagai isu-isu investasi dan non-investasi akan menjadi perbincangan pada iven itu. Acara ini akan dibukan langsung Ketua DPD RI Oesman Sapta.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI