Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lomba Juang Marathon 45 Km di Karimun, Yonif Raider Khusus 136/TS Borong Lima Piala
Oleh : Wandy
Senin | 13-11-2017 | 11:38 WIB
lomba-juang.jpg Honda-Batam
Peserta Lombang Juang Marathon 45 K di Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Lomba Juang Marathon 45 K yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun diikuti 63 regu. Event yang pertama kali dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dibuka untuk umum.

Adapun peserta yang mengikuti perlombaan ini, yakni pelajar, mahasiswa, ormas, instansi pemerintah, TNI dan Polri. Setiap regu diisi lima orang peserta dengan membawa bambu runcing.

Dalam perlombaan itu, Yonif Raider Khusus 136/TS yang ada di Karimun berhasil memborong lima tropi untuk regu putra, diantaranya untuk regu putra Juara I hingga juara V. Sedangkan peringkat VI Moro Running Community, VII SMAN 1 Moro, VIII CJC Karimun, IX SMPN 1 Moro dan peringkat X YGSK Team.

Sementara regu Putri, juara I berhasil diraih SMAN 1 Moro, Juara II CJC Karimun, Juara III SMPN 3 Belat, Juara IV SMPN 1 Moro, Juara V SMAN 2 Karimun, Juara VI Ikatan Remaja Teluk Air, VII Majestik dan Juara VIII CJC Karimun.

Komandan Kompi Senapan B Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti, Lettu Inf Inman Manurung mengatakan, pihaknya tidak melakukan persiapan secara khusus untuk event yang dilaksanakan Dispora Karimun. Menurutnya, lari merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari bagi prajurit TNI.

"Setiap hari kita berlari 5 Kilometer, sehingga pada saat diundang untuk mengikuti kegiatan ini, kami gunakan kesempatan ini untuk menguji kemampuan berlari prajurit-prajurit terbaik Kompi senapan B. Hasilnya cukup baik serta berhasil meraih 5 tropi," katanya, Minggu (12/11/2017).

Ia mengatakan kegiatan lomba marathon 45 K yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dispora Karimun merupakan kegiatan yang bagus dan positif. Dirinya berharap kegiatan seperti ini dapat dipertahankan.

"Ini harus dipertahankan, agar pemuda-pemudi Karimun memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan memiliki kegiatan untuk menyalurkan hobi atau talenta yang mereka miliki khususnya dalam Marathon," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Karimun Yusrial Mahyudin menyampaikan Lomba Juang Marathon ini diharapkan dapat membangkitkan semangat pahlawan, bela negara dan wawasan kebangsaan dalam diri peserta.

Yusrial menambahkan, peserta Lomba Juang Marathon menempuh jarak 45 Kilometer dengan titik pemberhentian sebanyak tiga pos, yakni dua pos di kawasan Kecamatan Meral, satu pos di wilayah Kecamatan Karimun.

"Setiap regu diisi oleh lima orang, dan mereka berlari sambil membawa bambu runcing sepanjang 160 Centimeter," katanya.

Editor: Gokli