Muslim Bidin Klaim Kesejahteraan Guru di Batam Sangat Baik
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 18-12-2015 | 14:12 WIB
muslim-bidin-baru.jpg
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengklaim kesejahteraan guru di Batam dinilai sudah sangat baik, hal itu menurutnya dapat dilihat gaji yang diterima oleh para guru.

Guru honorer di Batam, digaji Rp 2,5 juta, sesuai dengan UMK (upah minimum kota) ditambah dengan insentif dari provinsi dan kota, sedangkan untuk yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga mendapatkan tunjangan prestasi.

"Untuk guru swasta juga mendapatkan tunjangan sekitar Rp 1 juta per bulan. Jadi sebenarnya banyak guru di daerah lain yang ingin pindah ke Batam," kata Muslim, Jumat (18/12/2015).

Namun menurutnya, jumlah guru di Batam saat ini sudah mencukupi dimana sebelumnya terdapat 1.930 guru honor yang mengajar di sekolah negeri kini sekitar 400 orang sudah lulus menjadi calon pegawai negeri sipil. Sehingga masih ada sekira 1.530 guru honor yang dibiayai APBD.

‪Ia juga mengatakan menyambut baik bila ada rencana pemerintah pusat mengangkat guru-guru honor menjadi pegawai negeri atau tau setidaknya dibuat kebijakan terkait nasib guru honor ini.‬

Selain itu, ia juga berharap ada kebijakan yang membedakan insentif bagi guru di mainland dengan hinterland. Pemko bersama DPRD Kota Batam, kata Muslim, sedang membicarakan kemungkinan hal ini dapat terwujud.

Sementara, senator asal Kepri, Hardi Selamat Hood mengatakan tenaga guru honor yang mengajar di sekolah negeri sudah selayaknya diangkat menjadi PNS.

"Karena dengan kondisi sekarang, guru seolah-olah menjadi pegawai pemerintahan, tapi bukan PNS," jelasnya.

Editor: Dodo