2016, Pengadilan Agama Kota Batam Pindah Kantor
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 26-09-2015 | 15:12 WIB
ilustrasi_perceraian.jpg
Ilustrasi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengadilan Agama (PA) Batam, Sekupang Batam, dalam waktu dekat akan pindah kantor. Ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan masyarakat dalam pengurus penceraian.

Nantinya kantor pengadilan baru itu berlokasi di sebelah Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam. Atau, depan Kantor Kecamatan Sekupang Batam. Disain bangunan Kantor PA yang baru ini sama seperti Kantor PA di daerah lain di Indonesia.  

"Kantor PA emua sama di daerah lain, anggaranya juga dari Mahkamah Agung (MA), kita hanya menempati saja. Rencananya 2016 sudah bisa dipergunakan," ujar Nuheri, Kepala Pengadilan saat dihubungi, Sabtu (26/09/2015).

Nuheri mengatakan, pihaknya terus menggesa pembangunan agar cepat terselesaikan. Agar kantor baru bisa dimanfaatkan. Pindahnya Kantor PA ini dilakukan mengingat kondisi gedung lama yang sudah tidak layak nuni lagi.

Dikarenakan ruang sidang PA lama kondisinya sudah pengap. Lantai tampak sudah rusak, bahkan kodisi gedung yang tidak beraturan. Pembangunan gedung baru nanti, akan memberi keleluasaan kerja yang lebih nyaman. "Gedung baru akan lebih nyaman. Sudah dirancang bertaraf standar nasional MA," ujarnya.

Nuheri mengaku pengerjaan kantor PA baru sudah berjalan dua tahun lalu. Pembangunanya dilakukan secara bertahap, saat ini sudah masuk tahap ke tiga. 

"Karena anggarannya bertahap sebanyak Rp3,5 miliar. Dana yang dihabiskan untuk membangun kantor PA Baru ini sebanyak Rp10 miliar," pungkasnya.

Editor: Dardani