Dibagi Menjadi 3 Sesi

578 Siswa SMKN 1 Batuaji Ikuti UNBK
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 02-04-2018 | 16:40 WIB
munthe-smkn1-11.jpg
UNBK di SMKN 1 Batuaji. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 578 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri SMKN 1 Batam di Batuaji mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (2/4/2017).

Pelaksanaan UNBK ini diawasi oleh pengawas silang yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan Musyarawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) sebelumnya.

Humas SMKN 1 Batam Junaidi mengatakan, tidak ada siswa yang berhalangan hadir di hari pertama ujian itu. Seluruh siswa yang mengikuti ujian hadir pada tepat waktu.

"Semua siswa kelas 12 ikut semua. Tak ada yang sakit atau berhalangan hadir. Cuma permasalahannya hanya pada saat memulai mengerjakaan soal saja. Sebab soal UNBK yang dikirim dari pusat itu lebih dulu disinkronisasi di layar komputer, dan itu memang membutuhkan waktu," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana UNBK SMKN 1 Batam Sayid Juni Riauan menjelaskan, meski pada hari pertama ujian tak ada siswa yang berhalangan hadir, pihak sekolah telah menyiapkan ujian susulan bagi siswa yang tak dapat mengikuti salah satu mata pelajaran.

"Akan ada keringanan bagi siswa yang berhalangan hadir, pelaksanaan ujian susulan akan dilakukan pada minggu depan. Dengan soal dan prosedur yang sama seperti UNBK hari ini," ujarnya lagi.

Pelaksanan UNBK di sekolah ini dibagi dalam tiga sesi sebab keterbatasan peralatan komputer dan jaringan. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB- 09. 30 WIB, sesi kedua dimulai pukul 10.30 WIB- pukul 12.30 WIB dan sesi ketiga mulai pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.

"Sementara komputer hanya tersedia di sepuluh lokal jadi memang harus tiga sesi. Setiap mata pelajaran yang diujikan terdapat 40 soal dan diberikan waktu dua jam untuk mengerjakannya," ujarnya.

Editor: Yudha