Sarana dan Prasarana Tak Memadai

Kualitas Pendidikan di Anambas Memprihatinkan
Oleh : Alfreddy Silalahi
Rabu | 16-08-2017 | 14:38 WIB
pendidikan11.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kualitas Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas sangat memprihatinkan. Pasalnya, pendidikan belum didukung oleh tenaga pengajar yang mencukupi serta sarana dan prasarana yang belum memadai.

"Kondisi pendidikan saat ini di Anambas sangat memprihatinkan. Bagaimana para generasi penerus bisa berdaya saing kalau tidak didukung tenaga pengajar serta sarana dan prasarana yang lengkap," ujar salah satu tokoh masyarakat, Fadhil, Rabu (16/8/2017).

Fadhil juga menguraikan, untuk Provinsi Kepri yang terdiri dari 7 Kabupaten/Kota, Pendidikan Anambas berada pada urutan ke-6. Menurutnya, Pemerintah Daerah harus fokus dan serius meningkatkan kualitas pendidikan.

"Anggaran Dinas Pendidikan berkisar 19 persen dari APBD Anambas. Tetapi Dinas Pendidikan terkesan sepele terhadap kualitas pendidikan di Anambas. Ini perlu difokuskan, dan harus serius untuk menempah generasi penerus yang berdaya saing," jelasnya.

Fadhil juga menyayangkan, kebijakan Menteri Pendidikan yang mewajibkan sekolah menggunakan kurikulum-13, belum diterapkan secara merata di dunia pendidikan Anambas.

"Bagaimana mau menerapkan 5 hari sekolah atau full day school, kurikulum-13 aja belum merata. Dan masih banyak sekolah kekurangan sarana dan prasarana. Ini yang perlu diperbaiki untuk menempah generasi penerus yang berdaya saing, sesuai visi-misi Bupati dan Wakil Bupati," tegasnya.?

Editor: Yudha