Tiga Pelajar Anambas Terpilih Jadi Paskibraka Provinsi Kepri
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 13-08-2018 | 14:04 WIB
paskibra1.jpg
Ilustrasi Paskibra Anambas (Sumber foto: briyudistira.wordpress.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tiga pelajar Kabupaten Anambas terpilih menjadi anggota pengibar bendera pusaka (paskibraka) Provinsi Kepulauan Riau pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Ketiga siswa tersebut ?yakni Adrivan Saputra dari SMA 1 Siantan, Muhammad Faiz dari SMA 1 Palmatak dan Rika Julianti dari SMA 1 Jemaja.

"Setelah dilakukan seleksi, ketiga siswa yang terpilih jadi Paskibraka pada upacara HUT RI ke-73 di Provinsi Kepri langsung kita kirim ke Tanjungpinang untuk mengikuti pelatihan fisik dan mental," ujar Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Affandi, Senin (13/8/2018).

Affandi mengakui, belum ada siswa-siswi Anambas yang terpilih menjadi Paskibraka ditingkat nasional. Pasalnya, salah satu syarat yang dibutuhkan yakni fostur yang tinggi.

"Kita selalu menargetkan ada anak mewakili Anambas dan Kepri untuk mengibarkan bendera pada Upacara HUT RI ditingkat nasional. Tetapi selalu kalah di fostur, mudah-mudahan tahun depan ada anak Anambas yang menjadi Paskibraka ditingkat nasional,?" jelasnya.

Disinggung mengenai Paskibraka pada perayaan Upacara HUT RI ke-73 di Kabupaten Kepulauan Anambas, Affandi mengatakan saat ini pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri untuk memberikan pelatihan fisik dan mental kepada 33 siswa-siswi yang terpilih.

"Sejak 28 Juli lalu kita sudah memanggil 33 siswa-siswi terpilih ke Desa Bahagia, untuk diberikan pelatihan. ?Sejauh ini para Paskibraka dilatih teman-teman dari TNI/Polri," ucapnya seraya mengatakan pada tanggal 15 Agustus mendatang akan dilaksanakan pengukuhan Paskibraka.

"Pantauan kita, fisik dan mental anak-anak sudah mulai terbentuk. Kita juga sarankan untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan, agar pada hari H pengibaran bendera berjalan lancar," tambahnya.

Editor: Yudha