Operasi Ketupat Seligi, Kapolres Anambas Ajak Masyarakat Jaga Keamanan dan Ketertiban
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 05-06-2018 | 14:16 WIB
bupati-anambas21.jpg
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris saat memimpin rapat koordinasi transportasi pemudik. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Jajaran Polisi Resort Anambas (Polres) Anambas tingkatkan pengamanan menjelang lebaran yang juga disejalankan pada Operasi Ketupat Seligi 2018. Hal ini bertujuan mewujudkan situasi kemananan dan ketertiban masyarakat pada perayaan Idul Fitri 1439 H.

"Operasi ini dilaksanakan selama 18 hari ke depan yang juga melibatkan lintas instansi yakni TNI, Satpol PP, Dishub, Tagana, Dinkes, Disperindag dan Basarnas," ujar Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Selasa (5/6/2018) saat mengikuti rapat lintas sektor di Aula Sekretariat Pemkab Anambas.

Junoto mengatakan sasaran utama Operasi Ketupat yakni kemungkinan penimbunan sembako, pencaloan tiket, kelebihan muatan pada pengguna transportasi, penipuan, premanisme, hingga aksi teroris.

"Ini demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri. Kita akan bangun posko disetiap pelabuhan seperti di Tarempa, Jemaja dan Palmatak. Kami juga akan tingkatkan patroli, untuk memastikan tidak adanya perampokan rumah kosong ketika ditinggal mudik," jelasnya.

Junoto juga menyinggung, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Satpol PP untuk menindak pelanggar peraturan bupati tentang jam keluar anak sekolah.

"Kenakalan-kenakalan remaja ini juga harus kita kurangi. Selain tanggungjawab orang tua, ini juga merupakan tanggungjawab kita bersama. Maka, kita tegakkan lagi Perbub tentang jam malam anak remaja. Dan kalau ada knalpot racing, langsung tarik, kemudian ganti dengan knalpot standar," ungkapnya.

Editor: Yudha