Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Nurdin Berpesan Para Pemuda Kepri Harus Hebat dalam Segala Bidang
Oleh : Ismail
Sabtu | 28-10-2017 | 18:26 WIB
Nurdin-jadi-inspektur-upacara1.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menjadi inspektur upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Halaman Gedung Daerah, Jalan Haji Agus Salim Tanjungpinang (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan upacara di Halaman Gedung Daerah, Jalan Haji Agus Salim Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2017).

Upacara yang dihadiri jajaran OPD, FKPD, DPRD, Organisasi Kemasyarakatan, tokoh masyarakat, serta para pelajar ini berjalan khidmat di bawah teriknya sinar matahari pagi.

Dalam amanatnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan, momentum peringatan Sumpah Pemuda ke-89 ini diharapkan dapat menjadi flashback memahami dan memaklumi perjalanan sejarah yang cukup panjang peran serta pemuda dalam memerdekakan Bangsa Indonesia. Sehingga, generasi muda sekarang bisa menghargai perjuangan tersebut.

"Jadikan ini sebagai momentum mengingat perjuangan memerdekakan bangsa," ungkapnya dihadapan peserta upacara.

Ia menuturkan, peran pemuda dalam menentukan ketahanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat penting. Untuk itu, pihaknya senantiasa menjemput peran pemuda saat ini dan masa akan datang demi pembangunan Provinsi Kepri.

"Oleh karena itu, pemuda Kepri diharapkan jago dalam segala bidang. Baik pendidikan, agama, budaya, olaharaga dan ekonomi," ujar Nurdin.

Nurdin juga berpesan, salah satu kunci untuk sukses dalam meraih cita-cita yakni kesungguhan diri. Sesuai dengan ungkapan Arab yang terkenal di kalangan pesantren yaitu 'Man Jadda WaJada' yang artinya 'Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil'. Disebutnya, ungkapan tersebut harus ditanamkan dalam diri masing-masing Pemuda Kepri dalam menggapai cita-cita.

"Tak lupa, hormati orang tua, guru dan menghargai sesamanya. Itu juga menjadi kunci dalam meraih sesuatu," pesannya.

Usai upacara, para peserta juga dihibur dengan berbagai atraksi dari para pemuda-pemuda Kepri yang berprestasi. Mulai dari, atraksi robot, marching band, teatrikal puisi, serta atraksi permainan drone yang terbang mengitari halaman Gedung Daerah.

Editor: Udin