Peringatan HUT Kepri ke-15

Gubernur Ajak Generasi Muda Tumbuhkan Perekonomian Kepri
Oleh : Ismail
Senin | 25-09-2017 | 15:26 WIB
Gubernur-HUT-15tahun1.gif
Gubernur Nurdin pimpin upacara HUT Kepri ke-15 tahun. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati HUT ke-15 Provinsi Kepulauan Riau, jajaran Pemprov melaksanakan upacara bendera di halaman Kantor Gubernur, kawasan Dompak, Senin (25/9/2017).

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam pidatonya menyampaikan, selama 15 tahun terbentuknya Provinsi Kepulauan Riau, tentu saja masyarakat menagih janji selama perjalanan Pemprov Kepri. Dalam perjalanan tersebut, dijelaskannya, sudah banyak yang dilakukan para Kepala Daerah sebelumnya hingga sekarang.

Misalnya, dalam kurun waktu 2012-2016, angka kemiskinan di Kepri menurun 0,99 persen. Yakni, dari sebesar 6,83% pada tahun 2012 menjadi 5,84% pada tahun 2016. Dilihat posisi relatifnya, tingkat kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2016 sebesar 5,84%, lebih baik dari tingkat kemiskinan nasional sebesar 10,70%.

"Kendati demikian, pihaknya masih tetap berupaya bersama untuk melanjutkan usaha tersebut," ujarnya.

Namun, Gubernur mengakui, salah satu penyebab masih rendahnya angka pertumbuhan ekonomi di Kepri yakni kurangnya penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat. Oleh karena itu, dirinya mengimbau bagi generasi muda bisa lebih kreatif untuk memikirkan bagaimana menciptakan lapangan kerja.

Selain itu, ia juga mengingatkan, agar Perguruan Tinggi di Kepri tidak hanya menciptakan lulusan-lulusan yang hanya menambah angka pengangguran. Menurutnya, perlu adanya kerjasama antar perguruan tinggi dengan perusahaan serta upaya peningkatan mutu SDM dalam berwirausaha.

"Tujuan kita sangat jelas yakni menjadikan Kepri sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional," terang Gubernur.

Upacara HUT ke-15 Kepri di halaman Kantor Gubernur berjalan khidmat. Peringatan tahunan ini diikuti seluruh ASN dan non ASN, Pejabat OPD, FKPD, LSM, serta tokoh masyarakat se-Kepri.

Editor: Yudha