Gubernur Kepri Kukuhkan Pengurus PKK di Kebun
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 05-09-2017 | 08:00 WIB
GUB_KEPRI.jpg
Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun saat mengukuhkan Pengurus PKK di Kebun. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun mengajak pengurus Tim Penggerak PKK Kepri merealisasikan program kerjanya. Diantaranya, tersedianya sandang dan pangan keluarga salah satunya dengan cara berkebun.

Hal itu disampaikan Nurdin saat mengukuhkan TP-PKK Provinsi Kepri sisa masa bhakti 2016-2021 di UPTD Balai Benih Induk Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, Jalan Raya Tembeling, Kelurahan Toapaya Asri, Kabupaten Bintan, Senin (4/9/2017).

"Kita melihat di sini ada potensi yang harus dikembangkan. Sumbangsih PKK juga besar di sini dalam mewujudkan salah satu programnya, program sandang pangan keluarga. Lebih dekat ke perkebunan yang kita miliki ini, harus dimanfaatkan. Untuk itu saya minta jajaran PKK untuk ikut mengelola perkebunan ini," ujar Nurdin.

Pengukuhan tersebut dipusatkan Gubernur Nurdin di lahan pertanian milik Pemprov Kepri. Nurdin berharap pelantikan dengan tempat khusus ini menjadikan TP-PKK lebih menyalurkan kegiatan-kegiatan nyata di lapangan yang dapat memberikan dampak positif langsung bagi masyarakat.

Nurdin menegaskan jabatan yang ada saat ini bukan hanya pemberian semata. Namun merupakan amanah yang berisikan tanggungjawab yang harus dilaksanakan.

"Jaga amanah yang diberikan saat ini. Pengabdian yang diberikan ini tentu dapat membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan masyarakat," ujar Nurdin.

Sebanyak 40 orang pengurus TP-PKK Provinsi Kepri dikukuhkan Gubernur berdasarkan surat Keputusan Nomor: 795 Tahun 2017 tentang tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga Kepulauan Riau sisa masa bhakti 2016-2021.

Adapun dalam kepengurusan tersebut terdiri dari 4 orang Wakil Ketua, 1 orang Sekretaris, 3 orang Wakil Sekretaris, 1 orang Bendahara dan 2 orang Wakil Bendahara.

Keanggotaan sendiri Terdiri dari 4 Pokja yakni Pokja 1 beranggotakan 8 orang, Pokja 2 beranggotakan 8 orang, Pokja 3 beranggotakan 7 orang dan Pokja 4 beranggotakan 7 orang.

Dalam pada itu Penasehat TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Noorlizah Nurdin Basirun mengatakan pengukuhan kepengurusan TP-PKK yang baru ini terdiri dari anggota baru dan lama, diharapkan dengan perpaduan kedua nya tersebut membuat PKK Menjadi semakin solid lagi.

"Perpaduan anggota baru maupun yang lama menjadikan PKK solid, karna anggota lama diharapkan pengalamannya yang dimiliki dapat menjadi modal untuk menata kelembagaan ini menjadi lebih baik lagi dan untuk anggota baru diharapkan angin segarnya dalam memberikan inovasi dan kreasi dalam tubuh PKK," ujar Istri Gubernur Kepri itu.

Noorlizah mengaku bangga dengan inisiatif yang datang dari PKK mengadakan kegiatan pengukuhan di perkebunan milik Dinas ketahanan Pangan. Biasanya kegiatan-kegiatan seperti ini diselenggarakan di gedung maupun hotel. Inisiatif lokasi pengukuhan ini memang datang dari Pembina TP PKK Kepri, Gubernur Nurdin.

Terakhir, Noorlizah meminta semua pihak untuk ikut memberikan supportnya dalam menjadikan PKK dapat mewujudkan Kinerjanya kedepan menjadi lebih nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Riawina juga bersyukur atas terlaksananya pengukuhan ini. Dia berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan ini dapat menjadikan PKK semakin gesit lagi dalam menjalankan tugas dan fungsi dari PKK.

"Untuk itu arahan dan binaan dari Pembina maupun penasehat PKK nantinya dapat menjadikan bekal yang bermanfaat dalam mewujudkan kinerja yang prima dari PKK," lanjut Riawina.

Setelah melakukan prosesi pengukuhan keanggotaan, selanjutnya dilakukan penandatanganan MoU antara TP-PKK Provinsi Kepri dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terkait Gerakan Tanam Cabe dan Bantuan Bibit untuk Kebun PKK di Tembeling.

Editor: Dardani