Sebanyak 4.084 Peserta Lolos Seleksi CPNS Kemenkumham di Kepri
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Senin | 04-09-2017 | 19:14 WIB
seleksi-SPNS.gif
Ilustrasi (Sumber foto: Heta News)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Dari hasil verifikasi administrasi perserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Kanwil Kemenkumham umumkan 4084 peserta lolos seleksi administrasi di Kepri.

Humas Kanwil Kemenkumham Kepri, Rinto Gunawan, mengatakan bahwa hal ini menunjukkan antusias warga Kepri yang mengikuti ujian CPNS sangat tinggi. Ini dapat dilihat dari jumlah yang mendaftar secara online sebanyak 7 ribu orang.

"Yang lolos seleksi administrasi sebanyak 4.084 orang dan yang tidak lolos sebanyak 1.932 orang," ujar Rinto, Senin (4/9/2017).

Dia menjelaskan, perserta yang lolos administrasi nantinya akan mengikuti Ujian Sistem Computer Asisten Teks (CAT). Sistem ini akan menilai secara otomatis hasil ujian para peserta sistem berbasis komputer.

Dalam sistem  penilaian itu langsung dapat diketahui setelah para peserta menyelesaikan hasil ujian di dalam ruangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2017 mendatang.

"Ujiannya CAT, ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, dalam ujian sistem ini, kita dapat mengetahui langsung usai selesai ujian dan sudah otomatis," katanya.

Diketahui bahwa nilai dalam ujian sistem ini telah ditentukan. Jika mereka tidak memenuhi ketentuan standar nilai, secara otomatis dinyatakan tidak lulus. Namun jika peserta di Kepri terdapat kekurangan jumlah kelulusan sesuai kuota yang ditentukan, maka peserta akan diambil dari luar Kepri untuk mengisi kuotanya.

"Jumlah yang kita butuhkan untuk di Kepri antara lain lulusan SMA sebanyak 582 orang dan S1 220 orang," paparnya.

Pada CPNS tahun ini diketahui untuk kuota di Kepri cukup banyak. Tetapi kuota terbanyak itu pegawai Lapas di Batam dan selanjutnya di Lapas Tanjungpinang.

"Untuk Lapas Batam kuotanya 73 orang dan lapas Tanjungpinang kuotanya 43 orang," pungkasnya.

Editor: Udin