Tumbuhkan Perekonomian, Pemprov Gesa Penyerapan APBD
Oleh : Ismail
Kamis | 31-08-2017 | 18:50 WIB
sekda-kepri11.gif
Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi yang kini terpuruk, Pemerintah Provinsi Kepri saat ini menggesa penyerapan Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) 2017.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengatakan bahwa seluruh program yang telah dianggarkan dapat berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat Kepri. Selain itu, diharapkan, adanya sinkronisasi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Sehingga akan sejalan dalam setiap penganggaran di daerah.

"Kita tidak serta merta hanya mengejar kuantitas atau target capaiannya saja, tapi kita juga tetap memperhatikan kualitas sehingga akan sebanding," katanya, Kamis (31/8/2017).

Dengan serapan anggaran APBD Kepri 2017 tidak maksimal, tentunya sangat berpengaruh terhadap perputaran perekonomian di tengah masyarakat, terutama di kabupaten/ kota.

Menurut mantan Sekda Karimun ini, di enam kabupaten dan kota di Kepri seperti Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Anambas, Lingga dan Natuna yang menggerakan perekonomian, lebihdari 60 persennya bersumber dari anggaran APBD.

"Hanya Kota Batam pergerakan perekonomian masyarakatnya terbesar justru dari sektor swasta," jelasnya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada masing-masing OPD di lingkungan Kepri untuk bekerja lebih baik menjalankan program yang telah direncanakan dan harus segera dijalankan.

"Serapan APBD ini mempengaruhi perekonomian di tengah masyarakat. Apabila proyek-proyek dapat berjalan sehingga banyak orang bekerja dan belanja barang akan naik dan ini jelas bisa menggerakan dan meningkatkan perekonomian Kepri," jelasnya lagi.

Editor: Udin