Pentingnya Data Kependudukan Bagi Instansi Pemerintahan dan Swasta
Oleh : Ismail
Kamis | 24-08-2017 | 17:14 WIB
Sadirson-728x349.gif
Kepala DPMD Dukcapil Kepri, Sardison (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DMPD Dukcapil) Provinsi Kepulauan Riau melakukan sosialisasi tentang pentingnya serta manfaat data kependudukan di Hotel Aston, Tanjungpinang, Kamis (24/8/2017).

Kegiatan yang diikuti berbagai instansi vertikal baik pemerintahan dan swasta ini dilakukan agar para peserta memahami pentingnya data kependudukan bagi kinerja instansi tersebut. Sehingga, perlu adanya pembenahan dan perbaikan terhadap data kependudukan yang ada di Kepri.

Kepala DPMD Dukcapil Kepri, Sardison, mengungkapkan bahwa data kependudukan sangat berperan penting dalam capaian kinerja yang baik bagi berbagai instansi vertikal, baik pemerintahan dan swasta. Mulai dari Pemda, OPD, perbankan, asuransi, pajak, dan instansi lainnya.

Data kependudukan tersebut guna mempermudah dan mempercepat kerja yang berkaitan dengan masyarakat. Oleh karena itu, perlu ada pembinaan dan peningkatan pemahaman terhadap pentingnya hal tersebut.

"Data kependudukan yang baik akan membantu percepatan pelayanan oleh lembaga tertentu," katanya.

Ia mencontohkan, seperti halnya di bidang perbankan. Ketika calon nasabah mengajukan kredit, maka pihak bank bisa langsung memverifikasi data calon nasabah tersebut melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tersimpan di database Kemendagri. Di situ, akan tampak riwayat serta status calon nasabah tersebut.

"Nah, untuk memanfaatkan manfaat database di Kemendagri tersebut, instansi terkait bisa melakukan MoU dengan Pemerintah. Begitulah tujuan sosialisasi ini," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, saat ini data kependudukan di Kepri sudah berangsur membaik. Dirinya mengaku, tengah berbenah diri melakukan perbaikan-perbaikan pada data kependudukan tersebut.

Editor: Udin