Sempat Dirahasiakan

Veranda Handini Terpilih Jadi Pembawa Baki Paskibra Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 17-08-2017 | 18:14 WIB
pembawa-baki-paskibra-provinsi-kepri.gif
Pelajar SMAN 3 Karimun, Veranda Handini, anggota Paskibra Inti pembawa baki dan bendera sangsaka Merah Putih pada upacara Detik Detik Proklamasi di Kepri, Kamis (17/8/2017) (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kendati sempat dirahasiakan Dinas Pemuda dan Olahraga sebelum pelaksanaan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-72 tahun 2017 tingkat Provinsi Kepri, akhirnya diketahui pelajar putri SMA Negeri 3 Karimun, Veranda Handini menjadi anggota paskibra yang bertugas membawa baki sang saka merah putih dalam pengibaran bendera di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (17/8/2017).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Mafrizon, dan Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga Kepri, M Ikhsan, yang ditanya wartawan sebelum pelaksanaan upacara dimulai, sempat menutupi dan mengaku tidak mengetahui nama pasukan inti dan pembawa baki anggota Paskibra yang betugas mengibarkan bendera tersebut.

Namun menurut pelatih 33 anggota Paskibra Provinsi Kepri 2017, Serma Jumiin, dari Satuan Korem 033/WP Kepri, posisi tim inti, pembawa baki, penggerek dan pengulur tali bendera sang merah putih dilaksanakan oleh Tim 8 dengan formasi 72 yang menandakan 72 tahun Indonesia Merdeka.

"Untuk pembawa Baki pelajar putri dari SMA Negeri 3 Karimun, diapit dua pelajar putra sebagai penggerek dan pengikat bendera," ujar Serma Jamiin.

Kendati perwira menengah Korem 033/WP Kepri ini tidak menyebut nama, namun dia beralasan, penetapan pasukan inti anggota Paskibra, pembawa dan pengibar bendera, dilakukan oleh seluruh pelatih serta Purna Paskibraka.

"Memang diumumkan satu jam sebelum upacara dimulai oleh pelatih yang telah melihat kemampuan dan kecakapan masing-masing peserta," sebut Jamiin.

Penetapan anggota Paskibraka yang masuk dalam Tim 8 sebagai pasukan inti pengibar bendera, lanjut Bintal Korem 033/WP Kepri ini, ditetapkan berdasarkan penilaian seluruh pelatih, terhadap kemampuan fisik, seperti muka, body, kecerdasan berpikir, cara melangkah, jiwa serta kemampuan fsikologi.

"Orangnya sanggup atau grogi, berani atau tidak. Semua dilihat selama proses penggemblengan," jelasnya.

Dalam seleksi, tambah Jamiin, kemampuaan fisik dan fsikologis juga diterapkan, dan dari seluruh angggota Paskibra perwakilan seluruh sekolah SMA di Kepri dinilai kecakapan dan kecerdasanya, apakah masuk dalam kelompok inti pasukan Tim 8 atau Tim 17, dan Tim 45.

Pasukan inti Tim 8 sendiri, menurut pelatih Paskibraka Provinsi 2017 ini, diisi 12 orang anggota, terdiri dari 8 anggota Paskibra, diapit 4 Angkatan Darat, Laut, Udara dan Kepolisian.

"Pada pengibaran bendera Detik Detik Proklamasi HUT-RI pagi ini, akan menggunakan formasi 72, yang artinya, selama 72 tahun Indonesia Merdeka. Sedangkan pada penurunan bendera sore nanti, akan dilakukan dengan formasi Wing," jelas Serma Jamiin yang mengaku anggota Paskibra yang dilatihnya sangat siap mengibarkan bendera pada perayaan HUT-RI tersebut.

Editor: Udin