Lis dan Siswa SMKN 3 Bagikan 1.000 Bendera Merah Putih ke Pengguna Jalan
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 16-08-2017 | 18:15 WIB
Lis-bagikan-bendera.gif
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, bersama siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Tanjungpinang, membagikan 1000 bendera pada pengendara dan masyarakat umum (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, bersama siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Tanjungpinang, membagikan 1.000 bendera pada pengendara dan masyarakat umum di depan Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani, Kota Tanjungpinang, Rabu (16/8/2017).

Pembagian seribu bendera ini dengan tujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme di dalam diri setiap generasi muda penerus bangsa yang akhir-akhir ini mulai menghilang dan pudar.

Wali Kota Tanjungpinang ini mengatakan, rasa kebangsaan di dalam diri setiap masyarakat sudah berkurang, ini terlihat dari cara menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa. Bahkan untuk  memasang bendera di rumah saja sudah sangat kurang kesadarannya.

"Dengan adanya siswa-siswi kita seperti ini, bisa memberikan motivasi kembali generasi muda di masa yang akan datang , begitu pentingnya kita menghormati dan menghargai dari perjuangan pahlawan kita, sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan ini," ujar Lis saat ditemui di Pamedan.

Jadi pada prinsipnya, ujar Lis lagi, perjuangan kemerdekaan ini memang beragam cara pengimplementasiannya. Namun, jangan sampai niai perjuangan itu hilang, sebagai contoh pemasangan bendera. Bahkan, sekarang ini malah berkurang, seolah-olah pemasangan bendera itu tidak sakral lagi.



"Mudah-mudahan tahun ini pemerintah sendiri akan membuat Perwako, dan di tahun ini juga akan kita berlakukan, seperti standarisasi pemasangan bendera itu, ukuran tiang, bendera, tinggi dan lain-lain. Seperti dahulu diberlakukan dan inilah salah satu bentuk penghormatan kepada bangsa ini," katanya.

Lis berpesan kepada siswa-siswi harus tetap menanamkan pemahaman bela negara, pemahaman akan kebangsaan itu dan diharapkan nantinya di sekolah-sekolah harus menerapkan pembelajaran ekstrakuliler di luar pelajaran wajib.



Selain itu, Lis juga memberikan apresiasi kepada siswa-siswi dan Kepala Sekolah, Jumadi, yang pada hari ini mau meluangkan waktu, membagi-bagikan bendera kepada masyarakat Tanjungpinang.

"Jadi isi kemerdekaan dan kembalikan lagi jati diri kemerdekaan itu di dalam diri generasi muda," ucapnya.

Sementara itu, Maya Sari, Wali Kelas X Bisnis Kontruksi dan Properti SMK Negeri 3 Tanjungpinang mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan seluruh generasi muda bersama masyarakat Tanjungpinang supaya mengetahui sejarah Bangsa Indonesia.

"Kegiatan ini ide kami sendiri dan Wali Kelas serta Kepala Sekolah untuk memperingati momen kemerdekaan Indonesia, sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada perjuangan pahlawan yang telah gugur di medan perang," katanya



Selain membagi-bagikan seribu bendera, pihaknya juga membagikan selebaran sejarah singkat Kemerdakaan RI. Harapannya, masyarakat bisa belajar serta peduli akan sejarah kemerdekaan. Siswa pun diharapkan terbiasa untuk peduli akan pentingnya rasa nasionalisme.

Editor: Udin