Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Perairan Kepri
Oleh : Ismail
Selasa | 08-08-2017 | 10:02 WIB
ombak-00.gif
Ilustrasi gelombang tinggi di perairan Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengimbau agar masyarakat pengguna transportasi laut tetap berhati-hati terhadap potensi angin kencang di wilayah perairan Kepulauan Riau.

Diprediksi, pada kondisi puncak angin Selatan ini berpengaruh pada meningkatknya kecepatan angin, sehingga memicu gelombang tinggi.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wira mengungkapkan, pada kondisi rendahnya tekanan udara di kawasan Filiphina dan Samudera Pasifik, maka berpengaruh pada melemahnya massa awan di daerah Kepri. Sehingga, kecepatan angin akan meningkat.

Dengan begitu, dapat memicu tingginya gelombang di wilayah perairan Kepri. "Kalau sudah seperti itu, maka diprediksi tinggi gelombang bisa mencapai 2 meter," ucapnya, Selasa (8/8/2017).

Kondisi tersebut, akan berubah jika terjadinya hujan secara merata. Sebab, saat kondisi hujan, massa awan akan menebal dan dipastikan kecepatan angin juga akan berkurang.

Kendati demikian, lanjut Bhakti, pada puncak angin Selatan ini, jarang terjadinya angin ribut secara tiba-tiba. Namun, masyarakat Kepri khususnya nelayan dan pengguna transportasi laut diimbau agar berhati-hati pada cuaca yang seperti ini.

"Kami imbau agar berhati-hati dalam menghadapi cuaca pada puncak angin Selatan ini," kata Bahkti.

Ia juga menambahkan, suhu udara di wilayah Kepri sudah mulai meningkat. Sehingga, memicu terjadinya hujan. Namun, intensitas hujan tersebut masih bersifat lokal.


Editor: Gokli