Peringati Hut Pramuka ke-56

Kwarda Gerakan Pramuka Kepri Gelar Aksi Donor Darah
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 06-08-2017 | 08:30 WIB
Sekdakepri_donor.gif
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kepri yang juga Sekda Kepri TS Arif Fadhilah turut menjadi pendonor dalam rangka aksi Donor Darah dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-56 (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar bakti sosial (baksos) Donor Darah untuk membantu kebutuhan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjungpinang. Baksos tersebut dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-56 pada 2017 ini.

Aksi Donor Darah Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepri ini diikuti ratusan peserta pendonor yang dibuka oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinisi Kepri TS Arif Fadilah di Gedung Bintan Expo, Tanjungpinang,Sabtu (5/08/2017).

Ketua Kwarda Gerakan Paramuka Priovinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan wadah yang mendidik dan membentuk kepribadian dan karakter yang salah satunya adalah sifat menolong demi kebaikan.

Hal itu kata Arif, juga tercermin dari Dasa Darma ke 5 Gerakan Pramuka yang berbunyi "rela menolong dan tabah" yang berarti bahwa seorang pramuka harus menolong sesama dalam kehidupan ini. Nilai-nilai Dasa Darma Pramuka ini, tambah Sekda Provinsi Kepri itu, harus terus tertanam dalam hati setiap Anggota Pramuka.

"Hingga Anggota Gerakan Pramuka akan dapat berkembang, menjadi manusia berwatak, warga Negara Republik Indonesia yang Setia, dan sekaligus mampu menghargai dan mencintai sesama manusia di alam yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa ini," kata Arif.

Sekda Kepri ini juga mengatakan, kegiatan atau aksi Donor Darah yang dilaksanakan Kwarda Gerakan Pramuka Kepri itu merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Gerakan Pramuka Kepri kepada masyarakat.

"Seperti diketahui bersama, tidak jarang pasien di Rumah sakit sangat membutuhkan tambahan darah ketika sedang menjalani perawatan medis, dan untuk memperoleh donor darah, terkadang rumah sakit dan keluarga pasien juga sangat sulit untuk mendapatkanya,"jelasnya.

Atas dasar itu, maka sempena dengan Peringatan Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 di Provinsi Kepri, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Aksi Donor Darah ini. "Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini," ujar Sekda Provinsi Kepri ini.

Dalam kesempatan itu, TS Arif Fadillah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan bantuan hingga terlaksananya kegiatan baksos Donor Darah ini, termasuk juga kepada para relawan.

"Kepada para relawan pendonor, saya juga ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Semoga darah yang didonorkan melalui kegiatan ini, akan dapat digunakan pasien yang memerlukan darah di rumah sakit, dan menjadi ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.

Selain mengucapakan terima kasih, TS Arif Fadillah berharap agar aksi Donor Darah yang dilaksanakan Kwarda Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepri bekerja sama dengan PMI Tanjungpinang itu dapat menjadi program agenda rutin kedepan.

"Hendaknya kita mampu menggandeng lebih ramai lagi pendonor, sehingga darah yang disumbangkan juga lebih banyak," harap Arif.

Ketua Panitia Baksos Aksi Donor Darah Peringatan Pramuka ke-56 Tahun 2017 Provinsi Kepri, Dadang AG mengatakan, antusias masyarakat Kota Tanjungpinang dalam ikut meraimakan acara ini sangat tinggi.

"Panitia yang sebelumnya menargetkan pendonor pada kegiatan ini hanya 56 orang yang disesuikan dengan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-56, ternyata peserta melebihi target, dan yang mendaftar mencapai 156 orang pendonor," ujar Dadang.

Hal ini, tambah Dadang, membuktikan bahwa masyakat Kota Tanjungpinang khususnya, dan Provinsi Keprri pada umumnya sangat peduli dengan berbagai bentuk kemanusiaan terutama donor darah.

"Melalui sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan, mudah-mudahan gerakan pramuka di Provinsi Kepulauan Riau akan terus eksis untuk membina generasi muda kita ke depan,"harap Dadang.

Dalam kesempatan itu, Sekda Provinsi Kepri TS Arif Fadillah juga memberikan piagam penghargaan kepada 2 orang peserta donor darah sebagai ucapan terima kasih.

Editor: Surya