Digelar di Palu September Mendatang

Empat Inovator Unggulan Kepri akan Bersaing di TTG Nasional
Oleh : Ismail
Jum\'at | 04-08-2017 | 12:38 WIB
TTG-Nasional1.gif
Kepala DPMD Dukcapil Provinsi Kepri Sardison saat rapat persiapan TTG Nasional. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemenang lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kepri 2017, yang digelar tiap tahun oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Kepri, akan mewakili Kepri dalam ajang yang sama di tingkat nasional yang digelar di Palu, Sulawasi Tengah.

"Ada tiga pemenang dan satu unggulan lomba TTG tingkat Provinsi Kepri yang akan mewakili Kepri di ajang TTG tingkat nasional di Palu, Sulawesi Tengah. Rencanannya akan digelar pada September mendatang," kata Kepala DPMD Dukcapil Provinsi Kepri Sardison di Tanjungpinang, Jumat 4/8/2017).

Pada ajang TTG tingkat Provinsi Kepri 2017, yang meraih jura pertama dimengkan peserta perwakilan dari Kota Tanjungpinang dengan inovasi TTG Kompresor Silent. Pemenang kedua diraih perwakilan dari Kabupaten Karimun dengan inovasi TTG penganyam atap daun. Sedangkan juara ketiga diraih perwakilan dari Tanjungpinang dengan hasil inovasi septictank apung.

Sedangkan pemenang harapan pertama diraih perwakilan dari Kabupaten Natunan dengan inovasi TTG bagan bilis atau kelong penangkap bilis. Pemenang harapan dua diraih perwakilan dari Kota Batam dengan inovasi TTG Aquapoinik Green Hose dan pememang harapan ketiga dari Kabupaten Anamabas dengan inovasi TTg alat pemotong kerupuk.

Dari keenam pemang inovasi TTG ini jelas Sardison, akan dilakukan seleksi ulang untuk menentukan unggulan yang akan mewakili Provinsi Kepri ditingkat Nasional tersebut.

"Nantinya hanya empat unggulan inovasi yang akan mewakili Kepri. Namun untuk menentukan inovasi mana yang akan diperlombakan ditingkat nasional ini, kita akan menyuruh penemu inovasi ini melakukan pembenahan atau perbaikan agar lebih simpel, tetapi tidak mengurangi hasil yang telah baik ini," katanya.

Editor: Yudha