Jelang HUT RI ke-72

Pedagang Bendera Musiman Mulai Ramai di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 04-08-2017 | 09:38 WIB
bendera-00.gif
Salah satu tempat pedagang bendera musiman di Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jelang HUT RI ke-72, pedagang bendera musiman mulai ramai di Tanjungpinang. Selain bendera, para pedagang musiman itu juga menjual umbul-umbul penyemarak hari kemerdekaan.

Kehadiran para pedagang musiman itu bisa dijumpai di Jalan Ahmad Yani. Tampaknya, perayaan HUT RI tahun ini bakal lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Selain bendera dan umbul-umbul berbagai ukuran, para pedagang juga menyediakan tiang yang sudah dihias.

Aden (37), salah satu pedagang mengaku menggeluti usaha musiman ini sejak 6 tahun terakhir, mengatakan, bendera dan umbul-umbul itu didatangkan langsung dari Jawa.

"Tahun ini lebih laris dan meriahlah jika dibandingkan tahun kemarin. Belum HUT RI masyarakat sudah banyak yang membeli mulai dari bendera hinga umbul-umbul," ujar Aden

Harga bendera dan umbul-umbul yang dijualnya beragam, mulai dari Rp5 ribu hingga Rp700 ribu. Harga umbul-umbul yang dijual tergantung bahan dan ukuran panjangnya.

"Semakin bahannya bagus dan ukuranya yang diminta panjang maka harganya lebih mahal," katanya.

Sementara itu, untuk bendera yang kecil yang dapat dipasang di mobil dan sepeda motor, dirinya menjual dengan harga Rp5 ribu, sedangkan untuk bendera yang ukuran besar dijual seharga Rp25 ribu.

"Untuk tiang bendera harganya Rp20 ribu, dan untuk umbul-umbul harga Rp30 ribu. Tetapi untuk umbul backgroun mulai dari Rp300 ribu sampai Rp750 ribu," paparnya.

Pantauan di lapangan tidak hanya di Jalan Ahmad Yani, hampir seluruh ruas jalan di Tanjungpinang tampak ada pedagang-pedagang musiman penjual bendera dalam rangka menyambut HUT RI ke-72.

Editor: Gokli