Gelar Rapat Internal, Nurdin Sinkronkan Hasil Reses Dewan dengan APBD Kepri 2018
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 03-08-2017 | 09:14 WIB
rapat-internal-Nurdin-dengan-OPD-00.gif
Gubernur Nurdin Basirun saat melakukan rapat internal dengan sejumlah OPD untuk mensinkronkan hasil reses dewan dengan APBD Kepri 2018. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Usai mendengar hasil reses dewan dalam sidang paripurna, Gubernur Kepri Nurdin Basirun langsung menggelar rapat internal bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Rapat internal itu disebut untuk mensinkronisasikan hasil reses dewan dengan APBD Kepri 2018, Rabu (2/8/2017).

Dalam rapat itu, Nurdin menyampaikan hasil reses dewan sejalan dengan usulan masyarakat yang ia dengar langsung saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Beberapa hasil usulan DPRD dari reses yang dilakukan itu, juga merupakan usulan yang diajukan ke saya ketika berkunjung ke beberapa tempat, apalagi terkait kebutuhan masyarakat. Makanya harus kita singkronkan dengan rencanaan di APBD tahun depan," kata Nurdin di ruang kerjanya, kantor Gubernur Provinsi Kepri.

"Dengan kesamaan persepsi ini, tentu penyelesaiannya juga bermuara pada hal yang sama, hingga dapat memberi yang terbaik bagi rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan," imbuhnya.

Dari hasil reses DPRD Kepri, Nurdin mencatat, sejumlah usualan tentang peningkatan sarana pendidikan, khususnya di daerah-daerah terpencil seperti pembangunan sarana sekolah menengah atas. Apalagi tahun depan ada 20 sekolah yang akan dibangun untuk seluruh Kepri.

Nurdin menyebutkan, sejak SLTA diserahkan ke Provinsi, juga akan ditindak lanjuti dengan pembangunan sekolah baru lengkap dengan sarana prasaranya, seperti laboratorium dan sarana prasarana olahraga dan musholla.

"Guru-guru juga harus sudah tersedia. Harus tersedia tenaga pengajar yang berkualitas," kata Nurdin,lagi.

Termasuk pada Guru-guru yang ada saat ini, Nurdin juga menekankan, agar jenjang pendidikannya terus ditingkatkan.

"Mereka, harus didorong untuk terus belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," ungkapnya.

Di sektor sarana perhubungan, Nurdin juga mencatat permintaan pembangunan sejumlah dermaga di Kepri dan atas usualan itu, ia meminta agar alokasi kegiatan pembangunan sarana tersebut dapat disingkronkan dengan perencanaan yang sudah dibuat. Sebab, dermaga menjadi kebutuhan penting masyarakat Kepri di pulau-pulau.

"Barang, hasil tangkapan atau pertanian bisa disebar ke kota jika pelabuhannya tersedia dan sangat baik," kata Nurdin.

Untuk Belakangpadang, misalnya, tambah dia, soal parkir motor di sekitar pelabuhannya juga perlu dibenahi dan dibangun dengan fasilitas yang memadai serta dilengkapai bangunan permanen tempat parkir.

Dalam pertemuan itu, Nurdin juga langsung menyerahkan sejumlah catatanya, dari usualan hasil reses DPRD Kepri kepada Sekda dan Kepala Barenlitbang Naharuddin guna disingkronkan dengan perencanaan pembangunan di APBD 2018.

Hadir dalam rapat ini, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, Kepala Barenlitbang Naharuddin, Kadis Pendidikan Arifin Nasir, Kadis Perhubungan Jamhur Ismail dan pewakilan Dinas Pekerjaan Umum.

Editor: Gokli