Gubernur Sambut Baik Penamaan Laut Cina Selatan Jadi Laut Natuna Utara
Oleh : Ismail
Rabu | 19-07-2017 | 15:50 WIB
gubernur-nurdin12.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun turut menyambut baik pergantian nama Laut Cina Selatan menjadi menjadi Laut Natuna Utara yang dilakukan Kementerian Kemaritiman, Luhut B Panjaitan.

Apalagi, menurutnya, dalam peta baru tersebut terdapat penambahan luas Laut Natuna Utaea sebesar 100 mil. "Yaa bagus berarti potensi kita lebih besar," ujarnya.

Dengan diberlakukannya peta baru tersebut, lanjut Nurdin, untuk wilayah perairan Natuna, tentu saja akan sangat menguntungkan Provinsi Kepri, khususunya, Kabupaten Natuna dan Anambas. Dengan demikian, kedua daerah tersebut bisa memanfaatkan potensi alam dengan melestarikannya. Seperti, potensi perikanan dan pariwisata.

Ia mengatakan, jauh sebelum wacana pemberlakukan peta baru tersebut, dirinya sudah sering mengimbau kepada kedua daerah tersebut agar lebih mengeksplore kedua potensi besar yang ada wilayahnya. Ditambah, potensi alam di Kabupaten Anambas dan Natuna sangat bagus bila dikembangkan pada bidang pariwisata dan perikanan.

"Saya sering bilang kepada Anambas dan Natuna agar memanfaatkan potensi yang ada. Seperti perikanan dan pariwsita. Yang lain jangan dulu lah," ungkap Nurdin.

Ia juga meyakini, penamaan Laut Natuna Utara tersebut pasti juga disambut baik oleh masyarakat setempat. Bahkan, dari dulu, masyarakat juga sudah menyebut wilayah peraitan tersebut dengan laut Natuna.

"Saya pikir ini juga bakal disambut baik oleh masyarakat. Karena, dari dulu orang-orang juga sudah menamakannya begitu," tukasnya.

Editor: Yudha