Finalisasi Tatib Pilwagub Kepri

Pansus DPRD Kepri Kembali Studi Banding ke Riau
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 18-07-2017 | 18:02 WIB
surya-makmur-Nasution1.gif
Ketua Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kepri, Surya Makmur Nasution. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Finalisasi Pembahasan Tata Tertib Pemilihan Wakil Gubernur (Tatib Pilwagub) Kepri, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kepri, kembali melakukan studi banding ke Provinsi Riau di Pekan Baru.

Ketua Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kepri, Surya Makmur Nasution mengatakan, Studibanding Pansus Tatib Pilwagub Kepri ke Riau itu diperlukan untuk meminta masukan tentang tata cara pemilihan wagub yang dilangsungkan dua putaran.

Surya Makmur juga mengatakan, proses pemilihan Wagub di Riau beberapa waktu lalu cukup unik. Meskipun Wagub hanya diusung Partai Golkar, namun nyatanya pemilihan berlangsung hingga dua putaran.

"Kami juga ingin berkonsultasi, mengapa di Riau sampai dua putaran. Itu yang ingin kita ketahui, jangan sampai terulang," kata Surya Makmur di Gedung DPRD, Selasa (18/7/2017).

Usai bertemu dengan DPRD Riau, Pansus Tatib Pilwagub DPRD rencananya akan segera menyerahkan draf tata tertib tersebut ke Kemendagri, untuk meneliti dan mengevaluasi draf rancangan pasal demi pasal.

"Kemarin kami juga sudah berkonsultasi dengan MK (Mahkamah Konstitusi). Kami tidak ingin nantinya ada sengketa terhadap pasal-pasal yang ada di draf tatib ini," jelasnya lagi.

Politisi Demokrat ini optimis, awal Agustus mendatang tatib Pilwagub sudah dapat disahkan dan Panitia Pemilih (Panlih) terbentuk. Dan selanjutnya, Pansus Tatib juga sepakat, akan mengundang dan mensosialisasikan tatib Pilwagub tersebut dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

"Kami juga sepakat, setelah pembahasan ini final, Pansus juga akan mengundang Gubernur untuk berdiskusi dan membicarakan soal draf Tatib Pilwagub, serta soal pemilihan Wagub. Jadi semuanya bisa sepaham," katanya.

Setelah mendiskusikan masalah Tatib Pilwagub tersebut dengan Gubernur, selanjutnya Pansel Tatib Pilwagub Kepri akan melaporkan hasil pembahasan Pansus ke DPRD.

"Mudah-mudahan akhir bulan ini atau Agustus 2017 mendatang sudah selesai, dan September segera dapat dibentuk Panlih," ungkap Surya Makmur.

Permasalahan krusialnya lagi, tambah Surya, tinggal kesepakatan pengusungan dua nama calon wakil gubernur oleh 5 parpol pengusung, yang saat ini telah diajukan Gubernur ke DPRD. Dua nama itu adalah Isdianto dan Agus Wibowo. Selanjutnya, Panlih akan mengecek kelengkapan berkas dan tahapan pemilihan.

Editor: Dardani