Gelombang Tinggi di Perairan Kepri, Pengguna Transportasi Laut Perlu Waspada
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 17-07-2017 | 09:02 WIB
gelombang-01.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan pada Senin (17/7/2017), agar nelayan dan pengguna transportasi laut di Kerpi mewaspadai arus laut yang cukup kuat dan gelombang tinggi yang dapat mencapai 2 meter di perairan Lingga, Bintan, Anambas dan Natuna.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wirakusuma, mengatakan, secara umum cuaca di wilayah Kepri cerah dan berawan, namun di sebagian lokasi seperti pulau Bintan dapat terjadi hujan lokal.

Arah angin akan bertiup dengan kecepatan 05-30 Kilometer/jam, dari arah Tenggara menuju Barat Daya. Suhu akan berkisar anatara 24-30 derajat Celcius, dengan kelembapan 75-97 persen.

"Ketinggian gelombang di perairan Tanjungpinang, Batam mencapai 0,2-0,8 Meter. Sedangkan Bintan, Lingga dan Natuna akan mencapai 0,8-2 Meter," sebutnya.

Selain angin kencang dan gelombang tinggi, BMKG juga menyampaikan akan terjadinya awan Comulonimbus di wilayah Utara Kepri. Ini perlu diwasapasai lantaran dapat menyebabkan hujan lebat disertasi angin kencang secara tiba-tiba.

Editor: Gokli