Dokumen Keberangkatan Haji Hampir Rampung, CJH Kepri Disarankan Jaga Kesehatan
Oleh : Ismail
Jum'at | 14-07-2017 | 18:15 WIB
CJH-Kepri-diberangkatkan1.jpg
CJH yang diberangkatkan melalui embarkasi Batam beberapa waktu lalu (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Seksi Pendaftaran, Dokumen Haji dan Sistem Informasi Haji Kemenag Kepri, Alikek, menyampaikan secara umum kesiapan dokumen keberangkatan calon jemaah haji (CJH) mulai akhir Juli mendatang sudah siap.

"Hanya saja sampai saat ini, laporan terakhir masih ada dua calon haji kita yang tengah dirawat di rumah sakit, satu umur di atas 70 tahun, sedangkan satu lagi di atas 40 tahun," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (14/7/2017)

Disampaikan Alikek, dari masing-masing laporan pembayaran dan penyerahan dokumen paspor, seluruhnya sudah tidak masalah. Hanya memang saat ini penyelenggara haji tahun 2017, masih menunggu dua CJH Kepri asal Kota Batam ini, yang masih dirawat.

"Belum ada laporan ke kami, atas kepastian keberangkatan itu," bebernya

Ia menyarankan, CJH asal Kepri tahun ini harus tetap menjaga kualitas makan dan istirahat yang cukup sebelum hari H. Mengingat nanti pada saat penyelenggaraan haji, cuaca cukup ekstrim suhu di Kota Mekah mampu di atas 40 derajat.

"Di samping suhu panas, tempat pemondokan cukup jauh, jaraknya antara 800 meter sampai 2 kilo meter," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kepri, H Marwin Jamal menyampaikan, daftar kuota jemaah haji asal Provinsi Kepri tahun 2017 ini menjadi 1.295 orang. Bertambah dari kuota sebelumnya yang hanya 788 orang.

"Kuota Nasional bertambah 10 ribu, jadi Kepri mendapat jatah tambahan 303 orang, lalu ditambah porsi normal 983 orang, ditambah 9 petugas jadi jumlah keseluruhan 1.295 orang," jelas Marwin.

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan haji tahun ini lebih maju menjadi 28 Juli 2017 mendatang. Artinya keberangkatan dilakukan lebih awal dibanding tahun 2016. Keberangkatan kloter pertama dilakukan awal Agustus.

"Jadi 27 sudah masuk asrama, tanggal 28 berangkat perdana menuju tanah suci Mekkah," terang Marwin

Lebih lanjut, Marwin menjelaskan, untuk jemaah calon haji embarkasi Batam tahun 2017 yang terdiri dari Provinsi Kepri, Riau, Jambi serta Kalimantan Barat, memiliki rincian kuota haji yang berbeda-beda. Seperti Provinsi Riau 5.064 orang, Provinsi Jambi 2.919 orang.

Sedangkan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) 2.527 orang serta Provinsi Kepri 1.286 orang dengan rincian jumlah keseluruhan 11.726 ditambah Petugas Haji Daerah (TPHD) 11.805 orang.

Editor: Udin