84 Pelajar Ikuti BJRB 2017 di Lantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Harjo
Jum\'at | 14-07-2017 | 16:38 WIB
penyematan-tanda-peserta.gif
Upacara pembukaan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) 2017 diawali dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan siswa oleh Danlantamal IV (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mengisi kegiatan liburan sekolah di Kota Tanjungpinang, Lantamal IV menyelenggarakan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) 2017 yang diikuti perwakilan siswa-siswi SMAN, SMKN dan SMPN yang berada di Tanjungpinang dan sekitarnya.

Upacara pembukaan BJRB dibuka langsung Danlantamal IV, Laksma TNI R. Eko Suyatno yang berlangsung di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Jumat (14/7/2017). Sedangkan yang bertindak sebagai Dansatgas BJRB adalah Letkol Laut (KH) Syafrudin SAg, yang jabatan kesehariannya sebagai Kadispotmar Lantamal IV.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan TNI AL yang dilaksanakan Lantamal IV untuk mengisi waktu liburan sekolah, pelajar SMP/SMA/SMK yang ada di Kota Tanjungpianang, dengan berbagai kegiatan positif. Antara lain, meningkatkan pembinaan mental rohani, ideologi dan mental juang, semangat jiwa bahari, bahaya narkoba, baya penularan HIV/AIDS, pengetahuan selam dasar, kenakalan remaja, joy sailing, dasar-dasar kepemimpinan, bahaya faham radikalisme di kalangan pelajar khususnya kepada generasi muda.

Kegiatan BJRB kali ini, dikuti oleh 84 Siswa/siswi perwakilan dari SMAN-1 5 orang, SMAN-2 5 orang, SMAN-3 6 orang, SMAN-4 5 orang, SMAN-5 5 orang, SMAN-6 5 orang, SMKN-1 6 orang, SMKN-2 5 orang, SMKN-3 5 orang, SMKN-4 5 orang, SMKN-4 5 orang, SMP Hang Tuah 10 orang, Pramuka Saka Bahari 12 orang dan masyarakat umum 10 orang.

Sedangkan tema yang diusung kali ini adalah 'Melalui Bintal Juang Remaja Bahari 2017, Kita Tumbuhkan Mental Remaja Yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Tanah Air Dan Berjiwa Bahari'.

Upacara diawali dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan siswa oleh Danlantamal IV.

Dalam sambutanya, Danlantamal IV mengatakan bahwa upacara pembukaan ini merupakan simbolisasi formal dimulainya kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) di Mako Lantamal IV Tanjungpinang.

Selama 3 hari katanya lagi, peserta BJRB akan dibekali dengan berbagai ilmu tentang pembinaan mental kejuangan dan kebaharian. Kesemuanya ini diarahkan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan menanamkan semangat juang serta rasa cinta Bahari.

Dikatakan pula bahwa BJRB dimaksudkan untuk mengantarkan para generasi muda untuk mengenal lebih dekat lingkungan laut. Pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang", dengan mengenal lebih dekat, diharapkan tumbuh pemahaman akan arti penting laut bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Pada giliranya akan tumbuh pula semangat dan jiwa bahari dalam setiap generasi muda Indonesia.

"Semangat juang dan cinta bahari ini sangat penting bagi kita, khususnya generasi muda penerus bangsa karena Indonesia adalah Negara kepualauan terbesar di dunia, memiliki 17.508 pulau, luas daratan 1.919.440 Km2 dan Lautan 3.273.810 Km2 serta berada pada posisi yang sangat strategis," katanya.

Disamping itu Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang terkandung dilautan dan mampu menyejahterakan seluruh Bangsa Indonesia. Begitu juga halnya dengan Kepri yang 96 persen wilayahnya adalah lautan. Maka sangatlah memprihatinkan apabila kita tidak memiliki semangat dan jiwa bahari.

Selain itu beberapa penekanan dari Danlantamal IV agar selalu mengutamakan keamanan, keselamatan diri masing-masing selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

"Ikuti selalu setiap kegiatan dengan baik dan penuh kesungguhan. Gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk saling mengenal dan berdiskusi, serta ikuti perintah instruktur dengan penuh disiplin dan keiklasan dan tidak kalah pentingnya kepada Dansatgas berserta seluruh anggota satgas, laksanakan kegiatan ini dengan baik sesuai rencana yang telah ditetapkan dan perhatikan keamanan serta keselamatan personel," ujar Eko.

Upacara pembukaan dihadiri Wadan Lantamal IV para Asisten, Kadisdik Prov Kepri, Kadisdik Kota Tanjungpinang, Kadispora Prov Kepri, para Kadis Jajaran Lantamal IV, para Kepala Sekolah, Dansat Lantamal IV.

Editor: Udin