Cipkon Kamtibmas di Tanjungpinang, Polisi Libatkan Masyarakat
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 08-07-2017 | 08:50 WIB
Kapolsek-Tanjungpinang-Barat.gif
Kapolsek Tanjungpinang Barat AKBP Yuhendri Yanuar. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro memerintahkan seluruh Polsek untuk mengikutsertakan semua unsur Kamtibmas dalam kegiatan operasi cipta kondisi (Cipkon) ketertiban dan keamanan masyarakat Tanjungpinang.

Demikian ungkap Kapolsek Tanjungpinang Barat AKBP Yuhendri Yanuar. "Ini perintah Kapolres, untuk mengikutsertakan masyarakat yang tujuannya untuk dapat menjaga kamtibmas. Apalagi saat ini untuk mengantisipasi bahaya radikal," ujar Yuhendri Yanuar, saat di temui di Mapolsek Tanjungpinang Barat, Jumat (7/7/2017).

Yuhendri menambahkan, dengan melibatkan masyarakat, maka pihaknya dapat mengajak tokoh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan karena ini merupakan tiga pilar dari Kamtibmas. Dengan begitu akan lebih baik dan efektif bersama-sama dengan masyarakat.

"Dengan begitu kondisi ini tentunya sangat mempermudah pemantauan terjadinya masalah di tengah masyarakat, dan untuk memberikan pemahaman bahaya radikal," ungkapnya.

Menurutnya, selama ini Cipkon hanya dilakukan oleh polisi. Kamtibmas yang di dalamnya ada unsur masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi dengan cepat dari masyarakat. dengan dibackupnya patroli oleh unsur Kamtibmas, informasi yang didapat kepolisian akan lebih cepat dan efektif untuk mendeteksi sebuah peristiwa.

"Harapannya, supaya polisi dengan masyarakat dapat berperan langsung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, hasilnya kerja polisi dapat maksimal di beberapa kelurahan, Tanjungpinang Barat, Kamboja, Bukit Cermin dan Kampung Baru dapat aman dan damai," pungkasnya.

Editor: Dardani