Arus Penumpang Pelabuhan SBP Masih Normal
Oleh : Ismail
Selasa | 06-06-2017 | 15:02 WIB
penumpang-pelabuhan-SBP1.gif
Susana di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Masuk pada hari ke-11 Bulan Suci Ramadhan, arus penumpang di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang belum menunjukkan lonjakan yang signifikan. Para penumpang yang menggunakan jasa transprotasi kapal antar pulau melalui Pelabuhan SBP masih normal.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pos Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Syafril mengatakan hari ke 11 bulan suci Ramadan belum berpengaruh terhadap lonjakan penumpang. Bahkan alur mudik keberangkatan di pelabuhan ini masih tergolong normal.

"Arus penumpang di SBP masih normal atau sama seperti hari biasanya," ujar Syafril ketika dikonfirmasi, Selasa (6/6/2017).

Ia memprediksi, lonjakan arus mudik melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang akan terjadi pada H-7 Hari raya Idul Fitri. Hal itu dilihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang menunjukkan lonjakan tersebut dimulai pada hari tersebut. Bahkan, lonjakan tersebut bisa mencapai 60 persen dari hari biasanya.

Kendati demikian, dirinya optimis pelayanan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan SBP dapat melayani para pemudik menjelang lebaran kelak. "Kami rasa armada kapal di SBP sangat cukup untuk mengangkut penumpang saat lebaran. Jadi gak perlu ada penambahan armada lagi," katanya.

Jumlah normal penumpang yang datang dan berangkat di Pelabuhan SBP mencapai 4000 orang dalam sehari. Diantaranya melalui dermaga domestik sebanyak 3000-3500 orang, sementara Internasional sebanyak 400-500 orang. Sedangkan, rute keberangkatan yang dilalui mereka, lanjut Syafril untuk keberangkatan dan kepulangan (PP) dari dan ke Batam-Tanjungpinang maupun pulau-pulau melalui dermaga domestik sebanyak 39 trip dalam sehari.

Diantaranya dari Batam-Tanjungpinang dilayani oleh Armada Ferry Oceana 21 trip dan Armada Ferry Marina Expres 12 trip. Kemudian ke Tanjungbatu, Senayang, Daik Lingga, Tanjungbalai Karimun, Sungai Tanam, Dabo Singkep, dan Anambas dilayani enam trip dalam sehari.

Kemudian dari Malaysia dan Singapura ke Tanjungpinang maupun sebaliknya melalui dermaga internasional dilayani 11 trip dalam sehari. Yaitu rute Singapura-Tanjungpinang sebanyak 8 trip dan rute Malaysia-Tanjungpinang sebanyak 3 trip.

Editor: Yudha